-->

Tahap Perkembangan Janin Untuk Diketahui

perkembangan janin


Menantikan kelahiran si buah hati di tengah-tengah keluarga tentu menjadi momentum yang membahagiakan ya, Bunda. Setiap hari diisi dengan memilih boks bayi, baju-baju dan sepatu yang lucu, dan juga memikirkan nama terbaik untuk calon kebanggaan keluarga. Bunda juga pasti rela melakukan apapun demi mengoptimalkan perkembangan janin dalam kandungan. Mulai dari mengonsumsi makanan sehat tanpa pengawet hingga melakukan olahraga khusus untuk ibu hamil.

Perkembangan si kecil dimulai sejak terjadinya pembuahan hingga saat ia mulai bisa merespon cahaya dan suara dari Bunda. Meskipun ada perubahan setiap pekan, tahap perkembangan janin dalam kandungan lebih umum dibagi dalam periode tiga bulanan atau trimester. Dengan kecanggihan teknologi sekarang ini, Bunda bahkan bisa melihat perkembangan si kecil mulai dari masa awal kehamilan hingga mendekati kelahiran. Tidak hanya sekedar untuk ”bertatap muka” dengan si kecil, memeriksa kandungan juga sangat penting lho, Bunda. Hal ini dapat memudahkan Bunda dalam mendeteksi jika terjadi gangguan ataupun kelainan selama masa kehamilan.

perkembangan janin


Untuk persiapan kehamilan yang lebih baik, mari kita simak bersama tahapan perkembangan janin dalam kandungan.

·  Trimester Pertama

Pada bulan pertama periode ini, terjadi pembentukan kantung ketuban tempat embrio berkembang. Plasenta juga terbentuk agar nutrisi dari Bunda bisa sampai pada si kecil. Pada tahapan ini, si kecil masih seukuran kacang dengan lingkaran hitam pada bagian wajah. Selanjutnya wajah dengan lingkaran besar untuk mata, telinga, hidung, mulut, dan rahang bawah serta tenggorokan mulai terbentuk pada minggu keenam. Sedangkan tangan dan kaki si kecil akan terbentuk pada minggu ketujuh.

Selanjutnya, si kecil semakin terlihat seperti manusia. Pada saat ini, dia telah siap berkembang setelah melewati masa kritis pembentukan organ. Selanjutnya, jari-jari si kecil mulai mengepal dan otaknya pun mulai berkembang. Kemudian pada minggu kedua belas, alat kelamin si kecil mulai terbentuk.

·  Trimester Kedua

Memasuki trimester kedua kehamilan, bagian-bagian kecil seperti kelopak mata, alis, bulu mata, dan kuku si kecil terbentuk. Jari-jarinya pun sudah sempurna. Pada fase ini, si kecil sudah bisa mengisap jempol dan meregangkan tubuh. Kemudian rambutnya juga mulai tumbuh. Saat inilah, ada kemungkinan Bunda mulai bisa merasakan gerakan si kecil.

·  Trimester Ketiga

Pada trimester terakhir ini, berat si kecil meningkat drastis karena lemak mulai terbentuk. Si kecil juga sudah bisa mendengar, merespons cahaya, dan juga rangsangan. Otak si kecil berkembang bersamaan dengan sistem internalnya. Si kecil mulai menggerakkan kepala, mengerjap dan berubah posisi untuk persiapan kelahiran.

Author

Bidan sela perkembangan bayi

Bidan Sela

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: