Yuk, Cari Tahu Perkembangan Bayi 3 Bulan yang Sehat!

perkembangan bayi 3 bulan yang sehat

Saat si kecil mulai bertambah besar, Bunda dan Ayah pasti sudah tidak sabar untuk melihat perkembangan bayi 3 bulan bisa apa saja. Karena pada usia tersebut, si kecil memang sedang lucu-lucunya untuk diajak bermain. Namun demikian, bunda dan ayah juga harus mengetahui perkembangan bayi 3 bulan yang sehat, agar tidak salah saat hendak memberikan nutrisi yang tepat pada si kecil.

Biasanya, bayi yang berusia 3 bulan akan mulai berusaha untuk berguling atau tengkurap. Pada tahap ini, otot leher si kecil memang sudah mulai menguat. Makanya tidak jarang kalau si kecil seolah hendak bangun dan menegakkan kepalanya sendiri. Selain itu, ia juga akan semakin aktif untuk mendengar serta melihat sekelilingnya, dan mulai mengenali suara atau wajah ayah ibunya dengan baik.

Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan

perkembangan bayi 3 bulan yang sehat


Perkembangan bayi 3 bulan bisa apa saja dalam fase ini? Banyak sekali perkembangan yang terjadi dalam diri si kecil baik dari segi kemampuan berinteraksi dengan sekitar, fisik dan motoriknya, serta banyak lagi.

1. Kemampuan Komunikasi

Perkembangan bayi 3 bulan yang sehat bisa bunda lihat dari caranya mulai membangun komunikasi. Biasanya, pada usia ini si kecil tidak lagi menggunakan tangisan sebagai caranya untuk meminta sesuatu. Melainkan si kecil juga membuat bahasa sendiri seperti mengucapkan kata-kata vokal, “aah”, “ooh”, dan lain sebagainya. Ini adalah kesempatan bunda dan ayah untuk mengajak si kecil berinteraksi dengan caranya sendiri.

2. Kemampuan Motorik

Refleks primitif berupa refleks kaget atau refleks Moro pada si kecil ketika memasuki bulan-bulan pertama kehidupan cenderung berkurang. Sedangkan, otot lehernya kian menguat sehingga bisa digunakan untuk menopang bagian kepalanya. Dalam usia ini, bayi juga sudah bisa berguling dan tengkurap dengan sempurna.  Hal ini karena kekuatan tubuh bagian atas si kecil sudah cukup baik untuk menyangga dada dan tangannya.

Tak hanya itu, kemampuan si kecil dalam menggenggam sesuatu seperti halnya mainan atau tangan bunda dan ayah sudah cukup kuat. Tapi, kadang genggaman itu hanya berlangsung selama beberapa detik saja. Bahkan tak jarang si kecil juga memasukkan mainan atau sesuatu yang dipegangnya ke dalam mulut.

3. Panca Indera

Saat memasuki usia 3 bulan, indera pendengaran serta penglihatan si kecil akan semakin berfungsi secara optimal. Misalnya saja ketika si kecil diperdengarkan musik maupun suara-suara, maka ia akan mencoba mendengarkannya dengan seksama. Bahkan tak jarang si kecil sudah mulai menyukai bunyi musik tertentu pada usia ini.

Sedangkan indera penglihatannya juga semakin berkembang dan mulai menyukai mainan dengan warna-warna cerah dan memiliki kontras yag tajam. Selain itu, saat bunda dan ayah menatap mata si kecil, maka ia akan membalas tatapan itu. Si kecil juga mulai ramah kepada semua orang. Ia akan membalas senyuman siapapun yang terlebih dahulu senyum kepadanya.

4. Pola Tidur

Saat berusia 3 bulan, sistem saraf si kecil mulai mampu menampung banyak ASI sehingga ia bisa tidur nyenyak selama 6 sampai 7 jam. Sedangkan saat siang hari, usahakan untuk menerapkan jadwal tidur rutin bagi si kecil. Biasanya, waktu tidur bayi 3 bulan berkisar 1,5 sampai 2 jam tiap hari.

Banyak sekali ciri-ciri perkembangan bayi 3 bulan yang sehat untuk Bunda dan Ayah cermati. Curahkanlah kasih sayang kepada si kecil secara tulus dalam tahap ini. Karena perkembangan bayi 3 bulan bisa apa saja akan semakin berpengaruh terhadap tumbuh kembang selanjutnya. Manfaatkanlah usia emas si kecil untuk memberikan yang terbaik dalam permulaan hidupnya.

Comments