Inilah Fakta Menarik Perkembangan Janin 5 Bulan

Perkembangan bayi 5 bulan di dalam perut

Taukah Bunda jika usia kehamilan 5 bulan merupakan masa-masa paling nyaman? Di usia janin 5 bulan, bunda sudah tidak lagi mengalami morning sickness dan tubuh sudah bisa menyesuaikan diri dengan perut yang semakin membesar. Selain itu bunda juga sudah bisa melihat wajah si kecil melalui USG. Meski belum begitu jelas dan masih berukuran kecil, tapi pasti  sangat membahagiakan sekali. 

Perkembangan bayi 5 bulan di dalam perut sangatlah menakjubkan, karena pada masa ini janin mulai bergerak aktif untuk pertamakalinya. Simak fakta menarik tentang janin 5 bulan berikut ini!

Janin Mulai Aktif Bergerak

Saat kehamilan memasuki usia 17-22 minggu atau sekitar 4-5 bulan, bunda akan lebih sering merasakan pergerakan si kecil di dalam perut. Terkadang bunda juga tidak bisa merasakan gerakan janin lantaran pergerakannya sangat halus. Dan pergerakan janin 5 bulan akan semakin kuat seiring bertambah lamanya umur kehamilan. Saking aktifnya, janin bisa bergerak sekitar 200 gerakan perhari. 

Jenis Kelamin Mulai Terlihat

Setiap orangtua pasti ingin mengetahui jenis kelamin si kecil. Di usia kehamilan 5 bulan inilah bunda bisa melihat jenis kelamin si kecil melalui pemeriksaan USG. Pada masa ini juga tubuh janin seperti jari tangan dan kakinya mulai sempurna tapi masih berukuran kecil. 

Janin Mulai Mendengar

Tumbuh kembang lain yang tampak pada janin 5 bulan yaitu beberapa inderanya sudah mulai berfungsi, salah satunya yaitu indera pendengaran. Di usianya ini Ia mulai bisa merespon sesuatu yang didengarnya dari luar rahim bunda. Kondisi tersebut bisa bunda manfaatkan untuk mengenalkan janin dengan suara-suara yang ada disekitar bunda. Bunda juga bisa memperdengarkannya alunan musik yang lembut atau murotal al-Qur’an pada janin. 

Perkembangan bayi 5 bulan di dalam perut


Memiliki Rangsangan Terhadap Cahaya

Pada saat yang sama janin mulai bisa merasakan rangsangan cahaya dari luar rahim bunda. Saat bunda merangsang janin dengan mengarahkan cahaya menghadap perut, janin akan mulai bergerak-gerak sebagai respon rangsangan. Menakjubkan sekali ya Bun!

Rambut dan Alis Janin Mulai Tumbuh

Seiring perkembangan kulit pada janin, pertumbuhan alis dan rambut mulai terbentuk. Meski begitu pertumbuhan rambut pada bayi dalam kandungan hanya bersifat sementara, karena dua minggu setelah lahir, rambut tersebut akan rontok dan tumbuhlah rambut permanen. 

Janin Bisa Menghisap Jempol

Keistimewaan lain dari perkembangan bayi 5 bulan di perut yaitu otaknya berkembang cukup pesat, sehingga janin bisa melakukan gerakan alami seperti mengisap jempolnya sendiri. 

Tubuh Bunda Mulai Menyesuaikan Diri

Beberapa keluhan morning sickness seperti mual, muntah, kehilangan nafsu makan sudah tidak sering bunda rasakan. Di usia kehamilan ini bunda sudah menyesuaikan kondisi tubuh dan merasa nyaman melakukan berbagai aktivitas kembali. Di samping itu bunda juga akan mengalami perubahan bentuk tubuh. Namun Bunda tetap harus menjaga asupan gizi dengan baik ya!

Bunda Rentan Terkena Anemia 

Pesatnya perkembangan janin di usia ini seringkali membuat bunda merasa pusing ataupun lemas ketika terlalu banyak melakukan aktivitas. Untuk menghindari anemia, bunda bisa mengkonsumsi makanan yang tinggi zat besi dan juga mengkonsumsi suplemen yang diresepkan oleh dokter. 

Terjadi Peregangan Pada Perut

Seiring aktifnya pergerakan dan pesatnya tumbuh kembang janin dapat menyebabkan peregangan pada otot-otot perut bunda. Rasa nyeri dan tidak nyaman juga mungkin akan sering bunda rasakan saat janin aktif bergerak. Untuk mencegah rasa nyeri yang timbul, sebaiknya bunda menghindari aktivitas yang bisa menyebabkan peregangan pada perut. 

Fase perkembangan bayi 5 bulan di dalam perut merupakan momen terciptanya hubungan erat antara bunda dan juga janin. Jadi bunda harus selalu menjaga kesehatan, tidak melakukan aktivitas yang berat dan didukung dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan gizi agar janin tumbuh dan berkembang dengan baik. 

Comments