Bunda Penasaran Janin 7 Bulan Sebesar Apa? Cek, Yuk!

Janin 7 Bulan
Janin 7 Bulan

Dalam kehamilan trimester ketiga, pasti usia janin 7 bulan di perut bunda sudah lebih aktif daripada masa kehamilan pada trimester sebelumnya. Pada fase ini, panca indera si kecil sudah mulai berfungsi dengan baik. Menjelang masa persalinan, pasti bunda dan ayah yang baru pertama merasakan pengalaman ini akan penasaran, kira-kira janin 7 bulan sebesar apa, sih?

Memasuki usia kandungan 28-40 minggu, sebenarnya perkembangan janin sudah cukup matang mengingat panca indera dan organ-organ lainnya sudah berfungsi dan semakin aktif. Dalam fase ini, bayi dalam kandungan bunda sudah mampu merespons adanya cahaya atau suara karena indera penglihatan serta pendengarannya sudah mulai peka terhadap rangsangan.

Maka dari itu, ada baiknya jika bunda sesekali melakukan interaksi kepada si calon buah hati dengan mengajaknya mengobrol atau memperdengarkan sesuatu ke perut bunda. Atau mungkin, bunda juga bisa menggunakan cahaya senter untuk merangsang indera penglihatannya yang biasanya terwujud berupa respons pergerakan atau perpindahan posisi dari si janin.

Perkembangan Janin 7 Bulan

Janin 7 Bulan



Fungsi Otak Janin


Adapun tumbuh kembang yang terjadi pada janin 7 bulan sudah menunjukkan tanda-tanda seperti halnya manusia kecil yang sempurna. Pada masa ini, otak janin sudah mulai bisa berfungsi dengan baik bahkan pada beberapa permukaannya juga sudah memiliki kerutan.

Dengan terbentuknya kerutan-kerutan itu, tentu saja sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang janin selanjutnya. Karena dalam jangka waktu 5 hari setelahnya, sejumlah sel saraf yang dimiliki oleh si janin akan dilapisi oleh sejumlah lapisan lemak. Proses penyampaian rangsang dari setiap ujung saraf akan dipercepat setelah mengalami fase tersebut.

Pergerakan Janin


Pergerakan janin pada fase ini juga sudah bisa bunda hitung pada waktu-waktu tertentu. Karena pada normalnya, bayi dalam kandungan bunda memang sudah bergerak secara aktif. Selain itu, bagian kulit janin juga mulai diselimuti oleh lapisan lemak vernix yang bertujuan untuk menjaga tubuh si janin agar tetap hangat. Tidak hanya itu, lapisan vernix ini juga bertujuan untuk melindungi kulit janin agar tidak basah karena air ketuban.

Alat Kelamin Janin Mulai Terlihat


Pada usia kehamilan ini, alat kelamin janin mulai terlihat namun kadang masih bisa berubah. Jika janin diprediksi berjenis kelamin perempuan, bisa saja jenis kelamin tersebut berubah menjadi laki-laki. Tapi jika jenis kelaminya laki-laki, maka jenis kelamin tersebut tidak akan berubah. Hal ini bisa terjadi karena bisa saja penis si janin belum tumbuh atau belum terlihat.


Pertumbuhan Rambut Janin


Di usianya yang sudah menginjak 7 bulan, rambut pada bagian kepala janin sudah mulai tumbuh lebih lebat daripada sebelumnya. Selain itu, alis serta kelopak matanya juga sudah terbentuk hampir sempurna. Lalu selaput yang menutupi bola mata janin juga sudah mulai hilang.

Ukuran Janin 7 Bulan




Nah, mungkin ayah dan bunda masih penasaran tentang sebenarnya janin 7 bulan sebesar apa? Pada usia ini, janin masih terlihat kurus tubuhnya. Tapi, biasanya janin sudah mempunyai berat 1100 gram, yakni satu kilo lebih satu ons. Sedangkan untuk ukuran panjang tubuhnya rata-rata 35 sampai dengan 38 cm.

Setelah bunda dan ayah mengetahui janin 7 bulan sebesar apa, pasti persiapan menyambut kedatangan sang buah hati akan semakin maksimal. Pastikan bahwa bunda selalu mengonsumsi makanan yang bergizi, rutin cek kondisi kehamilan ke dokter, serta olahraga teratur. Supaya kondisi janin 7 bulan yang sedang bunda kandung itu senantiasa dalam kondisi yang optimal sampai saat melahirkan tiba.

Comments