Mengenal Lebih Jauh Berat Normal Janin 6 Bulan Disini!

9 Tanda Hamil 6 Bulan ini Wajib Ibu Ketahui - Ibupedia
Janin 6 Bulan
Janin memiliki berat normal sudah tentu menjadi harapan setiap orang tua. Berat janin yang sesuai dengan usia kehamilan juga menjadi salah satu petanda jika kehamilan sehat. Sayangnya setiap pertumbuhan janin antara satu dengan lainnya berbeda-beda. Kondisi ini mungkin membuat bunda cukup khawatir, tapi sebenarnya hal tersebut normal-normal saja ya. Jadi, berapa sih berat ideal dan normal janin 6 bulan itu? 

Berat Normal Janin 6 Bulan 


Usia kehamilan 6 bulan dihitung mulai minggu ke-26 sampai dengan minggu ke-28. Umumnya janin memiliki berat 660-1 kilo dengan panjang sekitar 35-38 cm. Agar lebih jelas, berikut ulasannya!
Minggu ke-25

Memasuki usia 25 minggu janin memiliki berat 660 gram dengan panjang berkisar 35 cm. Tubuh janin mulai terlihat berisi lemak yang bermanfaat untuk menyeimbangkan suhu tubuhnya ketika lahir. Saraf mata janin sudah aktif sehigga jika bunda mengarahkan cahaya ke perut, Ia akan memalingkan kepalanya. 

Minggu ke-26


Di minggu ke-26 berat janin semakin bertambah yaitu 760 gram dengan panjang 36 cm. Di usianya yang menginjak 26 minggu, janin mulai bisa membuka mata dan merespon ketika mendapat sentuhan atau terkena cahaya. 

Minggu ke-27


Semakin bertambah minggu, berat janin 6 bulan juga akan bertambah sekitar 875 gram dengan panjang 36 cm. Janin mulai bisa menutup dan membuka mata, Ia juga dapat tidur dan bangun sesuai ritme tertentu.  Menurut sebagian ahli di usia ini janin mulai bisa bermimpi karena bagian otaknya sudah aktif. 

Minggu ke-28


Menginjak usia 28 minggu janin sudah bisa memutar kepalanya, selain itu janin juga mulai memiliki bulu mata yang halus. Pada usia ini bunda mungkin akan merasakan hentakan perlahan dari si kecil saat mengalami cegukan. 

Kapan Harus Konsultasi Ke Dokter Di Usia Janin 6 Bulan?


Bunda dapat mengenal janin 6 bulan berat normal melalui keterangan yang telah ditulis di atas. Lalu kapan sih bunda harus mengkonsultasikan kehamilannya di usia 6 bulan? 

Apabila bunda tidak merasakan pergerakan janin sekitar 10 gerakan perjam. Setidaknya bunda harus merasakan pergerakan janin sekitar 10 gerakan setiap 10 menit. 

  • Apabila dari waktu ke waktu bunda mengalami perdarahan di anus 
  • Jika mengalami 5 atau lebih kontraksi uterus per jam
  • Buang air kecil berdarah dari vagina
  • Buang air kecil yang menyakitkan
  • Nyeri akut atau berkepanjangan di perut
  • Muntah terus menerus
  • Nyeri pada bagian punggung bawah
  • Keluar cairan secara tiba-tiba
  • Merasakan tekanan berat di panggul bawah


Tips Untuk Menjaga Tumbuh Kembang Janin 6 Bulan 


Bunda tentu saja mengharapkan tumbuh kembang janin 6 bulan tetap sehat, untuk itu bunda bisa menerapkan beberapa tips di bawah ini!
  • Hindari posisi tubuh yang dapat memberikan tekanan berat pada kaki. Untuk menghilangkan rasa letih, sakit dan pembengkakan bunda bisa mencoba mengangkat lengan dan kaki saat berbaring setidaknya sehari sekali.  Bunda juga bisa mengkonsumsi vitamin B6. 
  • Apabila bunda mengalami kejang pada otot-otot tulang kering, bunda bisa mencoba melakukan latihan dengan menekuk lutut serta jari-jari kaki dan mengangkatnya ke arah wajah. Lakukan kegiatan tersebut secara rutin. 
  • Agar terhindar dari wasir dan sembelit, bunda bida menyiasatinya dengan membiasakan tidur dalam posisi menyamping. 
  • Mengkonsumsi obat atau supositoria berdasarkan resep.
  • Untuk menghadapi persalinan, bunda bisa membaca majalah tentang persalinan, berbagi cerita dengan ibu hamil lainnya atau mengikuti kelas persalinan. Hal itu bisa membuat perasaan bunda menjadi lebih tenang dalam menghadapi persalinan. 
  • Tidur cukup setidaknya 8 jam perhari. 


Perkembangan janin 6 bulan terkadang membuat bunda merasa tidak nyaman karenan perkembangan janin yang semakin pesat. Untuk itu bunda senantiasa harus menjaga kesehatan bunda agar janin tumbuh dengan sehat juga. 

Author

Bidan sela perkembangan bayi

Bidan Sela

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: