Persiapan Melahirkan di Usia Janin 7 Bulan

  • Posted by Gilang Biantara
  • at 10:05 AM -
  • 0 comments

Persiapan Melahirkan di Usia Janin 7 Bulan

Usia janin 7 bulan merupakan masa trisemester terakhir selama kehamilan. Umumnya, sebagian ibu hamil akan mulai mengeluhkan sesak napas karena janin yang terus membesar. Mom juga semakin terganggu untuk menjalankan aktifitas karena pergerakan janin. Namun, kondisi ini perlahan akan teratasi. Terutama setelah janin berada pada posisi yang tepat untuk dilahirkan. Posisi siap lahir, yaitu posisi janin dengan kepala di bawah.

Lalu, bagaimana persiapan melahirkan di usia janin 7 bulan? Janin 7 bulan sebesar apa? Dan sudah seperti apa? Yuk, simak ulasan selengkapnya sebagai berikut.
Persiapan Melahirkan di Usia Janin 7 Bulan
sumber:https://images.unsplash.com/photo-1528218635780-5952720c9729

Puncak Masa Kehamilan Janin

Pada trisemester terakhir, janin mengalami puncak perkembangan. Seluruh pertumbuhan dan perkembangan janin ada di masa pematangan. Oleh karena itu, kebutuhan nutrisi Mom juga harus diperkaya dengan asupan protein, vitamin, zat besi, asam folat dan kalsium.

Janin 7 bulan sebesar apa? Pada masa ini, bobot janin bisa mencapai satu kilogram dengan panjang tubuh keseluruhan sekitar 39 cm. Selain itu, kondisi janin berada pada saat paling aktif bergerak. Bahkan Mom bisa menyadari pola pergerakan janin. Terutama di waktu-waktu tertentu janin sangat aktif bergerak. Pergerakan janin ini juga menjadi salah satu indikator bahwa janin dalam keadaan sehat. Pergerakan janin memang agak mengganggu kondisi Mom. Namun, hal ini harus terjadi agar janin berada pada posisi siap lahir.

Janin 7 Bulan Seperti Apa, Bagaimana Keadaan Bunda?

Selama janin berusia 7 bulan maka Mom akan melalui masa kehamilan di minggu ke-29, 30, 31 dan 32. Setiap minggu tentu akan ada pencapaian perkembangan janin yang bisa menjadi acuan Mom. Pada usia janin tepat 29 minggu, kedua testikel bayi telah turun atau tampak. Kepala janin juga terlihat lebih besar karena otak yang semakin berkembang. Sementara tempurung kepala hingga tulang-tulang menjadi keras seiring kematangan otak, paru-paru dan otot.

Pada usia janin tepat 30 minggu, pertumbuhan bobot janin semakin berat sedangkan panjangnya melambat. Organ internal seperti paru-paru dan saluran pencernaan nyaris berkembang sempurna. Mata janin juga aktif menutup dan membuka. Terlebih lagi jika mendapat stimulasi cahaya. Janin juga sudah memiliki alis dan bulu mata.

Pada usia janin tepat 31 minggu, janin memiliki ukuran kepala yang sudah proporsional dengan ukuran badannya. Bahkan sumsum tulang belakang sudah mampu mengambul alih kinerja hati untuk memproduksi sel-sel darah merah. Selain itu, pergerakan janin juga mulai lebih stabil. Janin juga mampu mengeluarkan urine dari kantung kemihnya langsung.

Pada minggu terakhir usia janin 7 bulan, janin sudah berada di posisi siap lahir. Kulit janin setiap harinya semakin tahan air dan tampak mulus. Kemampuan otot janin untuk mengisap dan menelan juga mulai berkembang. Janin akan membawa jari jempolnya ke mulut untuk diisap. Mata janin juga sudah mampu terfokus pada satu objek tertentu.

Efek Perkembangan Janin bagi Mom

Efek dari perkembangan janin di usia 7 bulan yang paling utama, yaitu Mom sering mengalami sesak napas dan kram. Sesak napas diakibatkan oleh rahim yang menekan dan bertambahnya bobot janin. Sedangkan kram biasa muncul di malam hari akibat aktivitas Mom seharian. Umumnya, Mom akan lebih sulit untuk tidur. Akibatnya, Mom lebih sering terkena insomnia hingga kelelahan pada tubuh.
Itulah ulasan terkait persiapan melahirkan di usia janin 7 bulan. Semakin dekat dengan masa persalinan, tubuh Mom akan mengalami banyak ketidaknyamanan. Hal ini normal saja terjadi. Namun, Mom tetap harus berkonsultasi untuk meredam ketidaknyamanan tersebut. Sehingga tubuh Mom menjadi bugar dan siap menghadapi masa persalinan yang semakin dekat.

Meta deskripsi:

Author

Bidan Putsel

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: