Mewaspadai Kondisi Perkembangan Bayi 2 Bulan

  • Posted by Gilang Biantara
  • at 11:08 PM -
  • 0 comments

Mewaspadai Kondisi Perkembangan Bayi 2 Bulan

Mengurus bayi memang tidak mudah. Karena itu, sebaiknya Bunda memiliki pengetahuan yang banyak. Utamanya tentang perkembangan bayi mulai usia satu bulan, perkembangan bayi 2 bulan, bahkan hingga usia balita. Apa pentingnya? Jika Bunda tahu, setidaknya Bunda dapat melakukan langkah sedini mungkin saat bayi Bunda menunjukkan tanda yang tidak diinginkan.
Mewaspadai Kondisi Perkembangan Bayi 2 Bulan
sumber:https://image.freepik.com/free-photo/holding-hands_1112-1531.jpg
Baca Juga Artikel : Perkembangan bayi 8 bulan

Berat dan Panjang Badan Bayi

Usia dua bulan, panjang dan berat badan bayi dibedakan berdasarkan jenis kelamin. Rata-rata, perkembangan bayi 2 bulan 1 minggu, memiliki bobot sekitar 4,4-7 kg untuk laki-laki dengan panjang 54-62 cm. Sedang untuk perempuan, berat badan idealnya sekitar 4-6,5 kg dengan panjang 53-60 cm.

Di Indonesia, setiap bayi mendapat buku khusus untuk memantau perkembangannya. Bunda akan tahu apakah berat badan bayi masuk over atau bahkan kurus. Demikian juga dengan panjang bayi, apakah masuk pendek atau sebagainya. Buku tersebut bisa menjadi panduan. Bunda bahkan bisa mengeceknya secara mandiri di rumah.

Yang perlu Bunda ketahui adalah, umumnya berat badan bayi akan turun ketika pilek atau sakit tertentu. Bunda tidak perlu cemas. Lakukan penanganan khusus hingga sakit bayi mereda. Bila sudah demikian, berat badan bayi akan kembali normal, sejauh kebutuhan ASI-nya terpenuhi dengan baik.
perkembangan gambar bayi 2 bulan
sumber:https://image.freepik.com/free-photo/mother-with-her-newborn-son_1303-14191.jpg

Siklus Tidur Bayi

Perkembangan jam tidur bayi 2 bulan lebih sekitar 14 hingga 16 jam. Siklusnya pun berubah-ubah tanpa mengenal siang dan malam. Jika jam tidurnya kurang dari itu, sebaiknya Bunda mulai mencari tahu. Pastikan terlebih dahulu kebutuhan ASI-nya terpenuhi dengan baik. Pastikan juga suasana rumah nyaman untuk bayi. Jika keduanya sudah aman, tetapi bayi masih susah untuk tidur, bisa jadi bayi tengah deman atau pilek.

Apakah perlu memperhatikan banyak jam tidur pada perkembangan bayi 2 bulan lebih? Mungkin Bunda tidak perlu menghitungnya dengan jeli. Sebab, jika bayi kurang tidur, biasanya bayi menjadi rewel. Lakukan hal-hal yang mampu meredakan penyebab bayi kurang tidur dan perbanyak minum ASI.

Pola Makan Bayi

Umumnya bayi dengan usia 2 bulan akan merasa lapar setiap 2 hingga 4 jam sekali. Perhatikan saja. Jika Bayi menangis, bisa jadi itu tanda bayi tengah lapar. Semakin bertambah usia bayi, semakin banyak pula konsumsi ASI yang dibutuhkan si bayi. Karena itu, Bunda harus berjuang sebaik mungkin agar jumlah ASI-nya cukup. Tentu saja, dengan porsi makan yang lebih banyak dibandingkan ibu yang tidak menyusui.

Siklus Buang Air Besar Bayi

Umumnya, bayi berusia 2 bulan satu atau dua kali buang air besar setiap hari. Namun, ada juga bayi yang hingga dua tiga hari tidak buang air besar. Fesesnya pun tidak padat, tetapi cair. Hal ini wajar, sebab bayi hanya mengkonsumsi ASI.

Bagaimana dengan warna fesesnya? Warna feses pada bayi umumnya kuning cerah. Berbeda dengan warna hijau. Warna hijau pada feses bayi mengindikasikan bayi kekurangan lemak. Artinya, bayi hanya mengkonsumsi ASI cair. ASI cair adalah ASI yang keluar pertama kali saat bayi menghisapnya. Inilah mengapa, pastikan bayi minum asi cukup lama agar bayi mendapat asupan lemak yang cukup.

Prilaku Bayi Umur 2 Bulan

Pada usia ini, bayi mulai mengenal wajah orang-orang di sekelilingnya. Mungkin penglihatannya masih belum sempurna, tapi bayi sudah bisa memperhatikan objek yang bergerak. Selain itu, motoriknya juga sudah lebih baik lagi. Jika Bunda memposisikan bayi dalam keadaan tengkurap, bayi juga sudah bisa mengangkat kepalanya.
Bunda tidak perlu terlalu khawatir pada perkembangan bayi Bunda. Jika teman seusianya sudah bisa melakukan sesuatu, tetapi bayi Bunda belum, latih bayi dengan sabar. Mengapa, karena perkembangan setiap bayi berbeda. Demikian ulasan tentang perkembangan bayi 2 bulan. Semoga bermanfaat.





Author

Bidan Putsel

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: