Bunda Ingin Tahu, Kondisi Janin 3 Bulan Bisa Apa? Berikut Jawabannya

  • Posted by Gilang Biantara
  • at 6:21 AM -
  • 0 comments

Bunda Ingin Tahu, Kondisi Janin 3 Bulan Bisa Apa? Berikut Jawabannya

Bunda pernah mengelus perut sambil bertanya, janin 3 bulan bisa apa? Apakah sudah bisa mendengar? Sebesar apa pula ukuran janin tersebut? Jika iya, Bunda bisa mencari tahu jawaban pertanyaan itu dalam artikel ini. Bunda bisa membaca dan mengobati rasa ingin tahu Bunda hingga benar-benar tuntas.
Bunda Ingin Tahu, Kondisi Janin 3 Bulan Bisa Apa

Perkembangan Janin Usia 3 Bulan

Usia 3 bulan adalah usia janin di ujung trisemester pertama. Di usia ini, sudah banyak perkembangan dialami oleh janin. Bunda bahkan bisa merasakan pergerakan yang dilakukan oleh janin, namun amat samar. Pasalnya, janin masih berukuran cukup kecil.

Berapa ukuran janin saat menginjak usia 3 bulan? Rata-rata, ukuran janin yang berusia 3 bulan sekitar 7,4 cm dengan berat 23 gram. Ukuran ini sering diibaratkan dengan sekepal jeruk nipis oleh sebagian orang. Bertambah minggu, ukurannya akan semakin besar. Pergerakannya juga akan semakin kuat.

Lalu janin 3 bulan sebesar apa dan bagaimana bentuknya?

Baca Juga Artikel : Perkembangan bayi 8 bulan

  • Janin sudah memiliki wajah. Mata, hidung, mulut, serta organ lain juga sudah terbentuk dengan baik.
  • Bakal gigi sudah tersusun permanen pada gusi.
  • Jari kaki dan jari tangan sudah sempurna. Kuku-kukunya juga sudah tumbuh.
  • Pada usia ini, jenis kelamin belum tampak. Sebab, organ pribadi tersebut belum terbentuk sempurna.
  • Tulangnya sudah terbentuk, lengkap dengan otot yang membuatnya bisa bergerak. Bunda pasti bisa merasakan gerakannya, terlebih jika kulit perut Bunda sangat tipis.

Hal yang Dapat Dilakukan oleh Janin Berusia 3 Bulan

Umumnya, janin berusia 3 bulan sudah bisa melakukan hal-hal kecil. Hal kecil yang dimaksud adalah menelan atau menghisap. Janin juga sudah mulai buang air. Meski begitu, janin belum bisa melihat atau mendengar.


Lalu, janin 3 bulan bisa apa? Yang pasti, aktivitas janin terus bertambah semakin dengan bertambahnya usia. Pada usia 3 bulan lebih satu minggu, janin mulai belajar bernapas. Satu minggu kemudian, janin sudah mulai menelan air ketuban. Air ketuban ini lantas dicerna dan dikeluarkan menjadi urin oleh si janin. Wajah janin juga sudah mulai bisa menunjukkan ekspresi tertentu.
Masuk usia kehamilan 15 minggu, janin sudah mulai bisa mendengar. Suara yang paling jelas bisa didengarkan oleh janin adalah suara detak jantung Bunda, juga suara yang dihasilkan dari sistem pencernaan Bunda. Saat ini, sebenarnya menjadi saat yang tepat untuk memperdengarkan suara yang bermanfaat bagi perkembangan jiwa si janin.

Hal lain yang bisa sudah bisa dilakukan oleh si janin pada usia 15 minggu adalah respon terhadap cahaya. Memang, katup mata janin masih tertutup. Namun, cahaya yang berasal dari luar tubuh Bunda sudah mampu membuatnya silau. Posisi matanya juga sudah berpindah meski belum sama seperti posisi mata ketika dia lahir kelak.

Di usia minggu ke-16, janin sudah mulai tegak. Janin juga semakin aktif bergerak. Posisi matanya sudah sama dengan posisi saat nanti dia lahir. Bobotnya sekitar 100 gram atau 1 ons. Seluruh bagian tubuhnya terus mengalami penyempurnaan. Dan selama itu pula, Bunda harus menjaga nutrisi yang masuk ke dalam tubuh Bunda. Sebab, nutrisi tersebut juga yang akan diterima oleh janin.
Bagaimana? Menarik bukan mengetahui perkembangan dan hal-hal yang bisa dilakukan oleh janin. Dan akhirnya, semoga seluruh ulasan di atas, bisa melegakan rasa penasaran bunda pada pertanyaan ‘janin 3 bulan bisa apa’. Selanjutnya, semoga Bunda dan janin selalu diberikan kesehatan. 

Author

Bidan Putsel

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: