Tahapan Kondisi Perkembangan Bayi 2 Bulan ke Atas

  • Posted by Gilang Biantara
  • at 8:07 PM -
  • 0 comments

Tahapan Perkembangan Bayi 2 Bulan ke Atas

Mengikuti perkembangan bayi 2 bulan keatas menjadi moment penting. Itu sebabnya, tidak sedikit di antara Bunda yang mengabadikan momen-momen pertumbuhan bayinya dari waktu ke waktu. Bersama itu, mengetahui tahapan perkembangan bayi pada umumnya pun sama pentingnya. Dan berikut ini ulasannya.

Baca Juga Artikel : Perkembangan bayi 8 bulan

Perkembangan Bayi 0 hingga 3 Bulan

Hal yang paling bisa dilakukan oleh bayi baru lahir hingga berusia 3 bulan adalah tersenyum. Sekalipun tidak ada orang yang bercanda dengannya. Bayi juga sudah bisa menanggapi respon dengan baik, termasuk respon sentuhan.

Pada usia 2 hingga 3 bulan, rata-rata bayi sudah mulai mengangkat kepala ketika Bunda memposisikan tengkurap. Bayi juga sudah bisa memalingkan wajah ke arah benda bergerak yang menarik perhatiannya. Gerakan seperti menggenggam, memasukkan jari ke mulut, juga sudah bisa dilakukan.

Tambahan, sejak lahir hingga usia tiga bulan, bayi akan aktif menendang. Semakin bertambah usianya, semakin kuat pula tendangan kakinya. Bayi juga refleks mengangkat kakinya ketika Anda tengah mengganti popok. Hal ini bahkan sudah bisa Bunda rasakan saat bayi masih berumur beberapa minggu.

Perkembangan Bayi 4 hingga 6 Bulan

Masuk usia 4 bulan, umumnya bayi sudah mulai senang menjangkau apapun yang menarik perhatiannya. Bayi bisa berguling atau bahkan tengkurap untuk menjangkau benda. Dia juga senang bermain dengan orang asing sekalipun. Kontak mata mungkin juga dilakukan oleh bayi. Lalu tertawa dan mengoceh satu atau dua patah kata.

Perkembangan bayi 2 bulan keatas memang hal yang paling banyak memberikan kejutan. Usia 4 bulan utamanya, bayi sudah mulai tumbuh gigi. Bayi juga mulai belajar duduk. Usia 5 atau 6 bulan, bayi sudah mampu diposisikan duduk. Namun perhatikan benar kondisi bayi. Artinya, beberapa bayi belum bisa melakukan hal ini pada usia 5 bulan. Lagi-lagi karena setiap bayi memiliki perkembangan berbeda.

Perkembangan Bayi 7 Hingga 9 Bulan

Usia tujuh bulan, umumnya bayi sudah mulai merangkak. Memang, ada bayi yang sudah bisa merangkak dengan kedua kakinya. Tapi kadang, bayi masih merangkak menggunakan perut. Orang Jawa sering menyebut ini dengan nggasrut.

Menariknya, beberapa bayi tidak merangkak menggunakan kaki. Dari merangkak menggunakan perut, bayi langsung belajar berdiri dan berjalan. Hal ini sering terlaku pada beberapa kejadian. Ketika bayi merangkak menggunakan perut, tentu saja tumpuan kekuatannya berada pada dua tangannya. Sedang begitu, dua kakinya menjejak untuk membantu tangan mendorong tubuh.
Usia 8 atau 9 bulan, bayi sudah pandai memindah makanan dari tangan kanan ke kiri, atau sebaliknya. Bayi juga pandai melemparkan mainan jika dia tidak suka atau bosan. Di usia ini, bayi akan menjelajah seisi rumah. Dan untuk itu, Bunda harus berhati-hati menjaganya.

Perkembangan Bayi 10 Hingga 12 Bulan

Masuk usia 10 bulan, bayi mulai mengucapkan kosa kata yang mudah. Kosa kata mudah itu seperti pengucapan mama dan lain sebagainya. Bayi juga berusaha menirukan bagaimana Bunda mengucapkan kata-kata. Bunda bisa mengajarkan kata apapaun untuk memperkaya kosa kata bagi kecapakapan berbahasanya kelak.

Yang menarik, bayi sudah pandai memegang benda-benda yang kecil sekalipun pada usia 10 bulan. Dia juga sudah pandai berdiri meski masih menggunakan bantuan kursi atau meja. Bukan hanya itu, yang lucu lagi adalah, bayi akan menunjukkan ekspresi tidak suka jika dia diberi makanan yang tidak enak menurutnya.

Demikian, semoga ulasan tentang perkembangan bayi 2 bulan keatas bisa bermanfaat bagi Bunda.



Author

Bidan Putsel

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: