Janin 3 Bulan Keguguran? Ini Penyebabnya

  • Posted by Gilang Biantara
  • at 11:33 PM -
  • 0 comments

Janin 3 Bulan Keguguran? Ini Penyebabnya

Tri semester pertama adalah masa yang mendebarkan bagi calon Bunda. Bukan hanya karena mood Bunda yang kadang-kadang berubah buruk, tetapi usia kehamilan di trisemester pertama juga merupakan usia yang rawan keguguran. Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan janin 3 bulan keguguran.
Janin 3 Bulan Keguguran
sumber:https://image.freepik.com/free-photo/husband-supporting-comforting-upset-depressed-wife-infertility-sympathy-concept_1163-4754.jpg

Hal-Hal yang Menyebabkan Keguguran

Ada beragam penyebab yang membuat janin keguguran. Salah satunya adalah janin di dalam rahim Bunda tidak bisa berkembang. Namun demikian, penyebab utamanya sulit sekali ditentukan. Sebab, kadang-kadang faktor genetik juga amat mempengaruhi.

Secara medis, beberapa hal berikut yang biasanya menjadi penyebab umum Bunda mengalami keguguran:

  • Penyakit akut semacam penyakit karena kadar gula darah yang tinggi atau penyakit yang diakibatkan oleh kegagalan fungsi ginjal.
  • Penyakit terkait imun Bunda, atau bisa juga akibat infeksi virus berbahaya seperti rubella atau HIV.
  • Rahim lemah atau hal-hal yang menyebabkan rahim tidak cukup kuat.
  • Obat kimia yang Bunda konsumsi dengan alasan tertentu. Obat-obat semacam ini cukup banyak yang memiliki pengaruh besar terhadap kandungan. Oleh sebab itu, ada baiknya Bunda memperhatikan obat yang ingin Bunda minum. Pastikan obat tersebut diperbolehkan untuk dikonsumsi ibu hamil.
  • Faktor usia. Kadang-kadang faktor usia juga berpengaruh pada kondisi janin. Sebab, secara fisik, perempuan usia lebih dari 35 tahun lebih rentan mengalami keguguran dibandingkan dengan perempuan berusia di bawahnya.
  • Pernah keguguran. Faktor ini kadang-kadang juga menjadi penyebab keguguran ketika Bunda kembali mengandung. Itu sebabnya, jika sebelumnya Bunda pernah keguguran, sebaiknya Bunda lebih berhati-hati ketika Bunda hamil kembali.
Baca Juga Artikel : Perkembangan bayi 8 bulan

Jenis Keguguran

Jika janin 3 bulan keguguran, maka ada tiga jenis keguguran yang bisa terjadi. Dunia medis mengenal ketiganya dengan:

Abortus Terancam

Keguguran ini adalah jenis keguguran yang masih mungkin untuk diselamatkan. Biasanya, tanda yang muncul pada keguguran jenis ini adalah flek merah. Kadang-kadang flek ini keluar disertai dengan nyeri yang luar biasa. Nyeri tersebut terutama Bunda rasakan pada bagian perut bawah. Jika ini terjadi, satu-satunya hal yang perlu Bunda lakukan adalah beristirahat total.

Abortus Inkomplit

Keguguran jenis ini adalah keguguran yang diakibatkan oleh posisi janin yang sebagian menempat di luar rahim. Posisi ini mengakibatkan Bunda mengalami pendarahan hebat. Bunda juga akan merasakan nyeri tidak terkira ketika mengalami keguguran jenis ini. Bersama darah yang keluar, bisa jadi Bunda akan menemukan gumpalan seperti daging yang keluar dari jalan lahir.

Abortus Komplit

Sama dengan abortus inkomplit, keguguran jenis ini diakibatkan oleh posisi janin yang tidak menempat dengan tepat pada rahim Bunda. Jika pada abortus inkomplit, hanya sebagian saja yang menempat di luar rahim, pada abortus komplit seluruh badan janin menempat di luar rahim. Untuk mengetahui hal ini secara pasti, Bunda bisa melakukan USG. Setelah itu, barulah dilakukan penanganan lanjutan.

Janin 3 Bulan Apakah Sudah Bernyawa?

Bunda mungkin bertanya, apakah janin berusia 3 bulan sudah bernyawa atau belum? Jawabannya, belum. Memang, di usia tersebut, seluruh anggota tubuh janin sudah lengkap meski belum sempurna benar bentuknya. Tetapi, yang perlu digarisbawahi, ruh baru akan ditiupkan pada janin ketika usianya sudah masuk 4 bulan. Hal ini seperti yang juga dijelaskan dalam salah satu agama.
Itu mengapa, sebelum janin berusia 4 bulan, janin belum disebut sebagai seorang anak atau bayi. Sebaliknya, janin hanya sebatas janin saja. Ketika janin tersebut meninggal atau gugur, maka pengebumiannya tidak dilakukan sebagaimana pengebumian bayi. Hal ini tentu perlu menjadi catatan bagi Bunda.

Demikian, semoga ulasan tentang penyebab janin 3 bulan keguguran ini bisa bermanfaat untuk Bunda.

Author

Bidan Putsel

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: