Ini Dia Kondisi Perkembangan Bayi 7 Bulan yang Harus Bunda Perhatikan

  • Posted by Gilang Biantara
  • at 12:47 AM -
  • 0 comments

Ini Dia Perkembangan Bayi 7 Bulan yang Harus Bunda Perhatikan


Mengetahui perkembangan bayi 7 bulan secara umum juga Bunda perlukan. Pasalnya, pengetahuan ini bisa dijadikan pembanding terhadap perkembangan bayi Bunda. Meskipun setiap bayi memiliki perkembangan sendiri-sendiri, namun secara umum perkembangan tersebut tidak jauh berbeda. Berikut ini ulasannya.
Ini Dia Perkembangan Bayi 7 Bulan yang Harus Bunda Perhatikan
Add caption
Baca Juga Artikel : Perkembangan bayi 8 bulan

Berat dan Panjang Badan Bayi


Berat badan bayi di awal-awal usianya sering bertambah dengan pesat. Namun pertambahan ini akan semakin sedikit pada usia 7 bulan ke atas. Lalu berapa berat badan bayi normal ketika berusia 7 bulan? Jawabannya adalah:
  • 6,5 hingga 10 kg untuk laki-laki.
  • 6 hingga 9,5 kg untuk perempuan.

Bagaimana dengan panjang badannya? Panjang badan bayi laki-laki dan perempuan pada usia ini adalah:


  • Sekitar 65 hingga 73 cm untuk bayi laki-laki
  • Sekitar 63 hingga 71,5 cm untuk bayi perempuan

Pertumbuhan Gigi

Di usia ini, gigi bayi sudah mulai tumbuh. Pada bayi yang pertumbuhannya cepat, bisa dua atau tiga gigi yang terlihat menjumbul pada gusinya. Inilah yang menyebabkan bayi gemar memasukkan tangan dan segala benda ke dalam mulut. Mengapa? Karena pertumbuhan gigi bayi menciptakan rasa gatal pada gusi. Rasa gatal ini lantas direspon bayi dengan memasukkan tangan atau benda ke dalam mulut.

Bunda pernah melihat bayi mengeluarkan liur? Jika itu terjadi pada bayi Bunda, maka Bunda tidak perlu khawatir. Wajar, bayi di usia ini mengeluarkan liur. Sebab air liur ini menjadi tanda gigi bayi sedang tumbuh. Bunda hanya perlu terus memberikan rangsangan. Salah satunya dengan memberikan teether. Bunda juga bisa memberikan buah-buahan yang bersifat dingin untuk meredakan rasa gatal jika itu diperlukan.

Perkembangan Motorik Bayi

Perkembangan bayi 7 bulan sudah bisa apa? Umumnya, bayi sudah mulai bisa merangkak pada usia ini. Tetapi banyak pula bayi yang masih bergerak maju dan mundur. Kadang-kadang gerakannya itu dilakukan dengan tengkurap. Kadang-kadang dilakukan dengan duduk, merunduk, dan bergeser sedikit demi sedikit. Yang perlu digarisbawahi, perkembangan bayi 7 bulan tidak sama antar masing-masing bayi.

Bayi usia 7 bulan juga sudah pandai berpindah tempat. Karena itu, sebaiknya Bunda lebih ekstra menjaganya. Sebab, ditakutkan bayi berpindah ke tempat yang membahayakan dirinya sendiri. Meski demikian, bukan pilihan bijak jika Bunda menguncinya di dalam ruangan atau bahkan di dalam kamar. Mengapa? Karena hal itu akan menghambat bayi mendapat rangsangan untuk perkembangan kognitifnya.

Pastikan juga, Bunda meletakkan benda-benda yang tidak aman bagi bayi di tempat seharusnya. Sebab, pada usia ini bayi sering memasukkan apapun ke dalam mulutnya. Rasa ingin tahunya juga besar.

Permainan untuk Bayi Usia 7 Bulan

Perkembangan bayi 7 bulan bisa apa dalam soal permainan? Permainan paling mudah yang bisa dilakukan dengan bayi berusia 7 bulan adalah bermain cilukba. Bermain cilukba akan menimbulkan kebahagiaan sendiri bagi bayi. Permainan ini juga mudah dilakukan. Bunda hanya perlu menutup wajah Bunda dengan tangan atau selembar kain, lalu membukanya perlahan.
Menariknya, permainan ini mampu menciptakan kedekatan antara Bunda dan bayi Bunda. Seraya bermain, Bunda masih bisa mengajari kosa kata baru bagi Anak. Tentu ini menjadi momen yang sangat bermanfaat bagi kemampuan bayi dan hubungan bayi dengan Bunda.
Kemampuan Komunikasi Bayi

Kata ‘jangan’ yang Bunda ucapkan sudah bisa dipahami oleh bayi dalam usia ini. Meski bayi belum bisa berbicara, bayi bisa berkomunikasi dengan Bunda dengan ekspresi yang muncul pada wajahnya. Komunikasi itu juga dapat Bunda pelajari dari bagaimana dia tertawa, menangis, serta mengeluarkan celotehnya yang khas.
Demikian ulasan perkembangan bayi 7 bulan. Semoga bermanfaat bagi Bunda.

Author

Bidan Putsel

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: