3 Fakta Unik Seputar Kondisi Janin 13 Minggu

  • Posted by Gilang Biantara
  • at 2:23 AM -
  • 0 comments

3 Fakta Unik Seputar Janin 13 Minggu

Janin 13 minggu merupakan masa kehamilan di awal trisemester kedua. Ukuran janin sudah sebesar buah persik. Hormon kehamilan pada Bunda juga sudah mulai stabil. Bahkan Bunda akan merasakan payudaranya menjadi sedikit kasar. Akibat kelenjar susu yang mulai berkembang. Tidak hanya itu, plasenta yang menjadi penghubung antara Bunda dan janin juga telah berkembang sempurna lho.
Lalu, apa saja ya fakta unik seputar janin 13 minggu yang harus Bunda ketahui? Simak pemaparan selengkapnya sebagai berikut.
Kondisi janin 13 minggu

1. Janin mulai mirip manusia

Berbeda dengan janin 2 bulan yang masih berbentuk gumpalan daging, janin 13 minggu mulai mirip manusia. Janin telah memiliki tulang-tulang kecil yang membentuk tangan dan kaki. Bagian kepala janin juga semakin terlihat karena ukuranya mencapai sepertiga dari ukuran seluruh tubuh. Uniknya, janin juga telah memiliki ginjal kecil yang sudah mulai berfungsi. Bahkan ginjal ini sudah mampu mengirimkan air seni ke kandung kemihnya.

Selain itu, janin menjadi lebih sering bergerak di dalam rahim. Bunda mungkin mulai merasakan sedikit tendangan dan perputaran janin. Hal ini tentu sangat menyenangkan bagi Bunda. Apalagi panjang tubuh janin yang sudah mencapai 8 cm membuat rahim menjadi tidak cukup luas lagi. Beberapa ekspresi janin juga mulai mirip manusia. Seperti mengernyitkan dahi dan menutup serta membuka bibir dan kelopak mata.

2. Sistem pencernaan janin telah sempurna

Tepat di akhir trisemester pertama, sistem pencernaan janin telah sempurna. Sehingga pada awal trisemester kedua, janin mulai belajar menggunakan sistem pencernaannya. Pada usia 13 minggu ini, janin mulai belajar mengisap dan menelan. Tahapan tersebut dianggap sebagai persiapan janin sebelum menyusu saat dilahirkan kelak. Uniknya, pada usia ini janin mampu menggerakkan jari jempol ke mulutnya. Kemudian mulai mengisap.

Isapan janin pada jari jempolnya juga menjadi awal janin mampu menelan cairan ketuban. Ketika janin mengisap maka bibirnya ikut terbuka. Kemudian cairan ketuban akan ikut masuk secara tidak sengaja. Selanjutnya cairan ketuban akan tertelan dan masuk ke sistem pencernaan. Bagi janin, menelan cairan ketuban seperti sedang mencicipi makanan yang telah Bunda konsumsi.
Maka, tetap konsumsi makanan bernutri agar sistem pencernaan janin sehat ya Bunda. Terlebih sistem pencernaan janin yang sehat bisa mengoptimalkan perkembangan janin hingga siap dilahirkan.

3. Peralihan trisemester

Janin 13 minggu berarti janin baru saja melewati usia janin 3 bulan. Artinya, perkembangan janin usia 3 bulan harusnya sudah selesai. Hal paling mendasar dari perkembangan janin 3 bulan, yaitu perkembangan plasenta telah sempurna. Plasenta berfungsi sebagai pemasok oksigen, nutrisi dan pengolah kotoran bayi. Plasenta memproduksi hormon progesteron dan estrogen yang menjaga janin dalam kandungan.

Pada janin 13 minggu juga merupakan peralihan trisemester dari trisemester pertama ke trisemester kedua. Jika semester pertama, hingga janin 3 bulan, perkembangan janin sepenuhnya tergantung pada tubuh Bunda. Maka semester kedua, mulai janin 4 bulan, perkembangan janin sudah belajar untuk hidup sendiri. Hal tersebut karena organ atau bagian-bagian kehidupan janin sudah mulai bekerja menjalankan fungsinya. Mulai dari jantung, ginjal, tulang hingga sistem pencernaan.

Fakta unik janin 13 minggu di atas secara singkat memang menjadi titik awal bahwa janin dalam kandungan sudah bernyawa. Mungkin Bunda semakin bisa merasakan kehadiran janin. Salah satunya karena janin semakin aktif dan responsif. Misalnya, detak jantung janin yang mulai bisa didengar atau tendangan janin yang lebih sering terjadi. Oleh sebab itu, Bunda tetap harus memperhatikan kesehatan dan keselamatan selama masa kehamilan ya.

Author

Bidan Putsel

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: