Mengenal Gejala Tipes Pada Anak, Moms Harus Tahu Penanganan dan Cara Mencegahnya

Mengenal Gejala Tipes Pada Anak, Moms Harus Tahu Penanganan dan Cara Mencegahnya

Gejala Tipes Pada Anak

Tipes adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri salmonella typhi (s.typhi). Penyakit ini bisa menyerang siapa saja mulai dari balita, anak-anak, hingga orang dewasa. Keberadaannya patut untuk diwaspadai. 


Pada kasus anak-anak, tipes rentan terjadi karena pola makan dan minum yang tidak bersih. Memegang benda atau memasukkan makanan dan minuman yang telah terkontaminasi bakteri membuat anak mudah terjangkit. Anda patut berhati-hati jika muncul ciri-ciri gejala tipes pada anak. Berikut informasi singkat terkait gejala, penanganan berupa apa saja obat tipes pada anak yang dianjurkan, hingga pencegahannya.


  • Gejala

Gejala umum seperti demam tinggi (lebih dari 40 derajat celcius), sakit perut disertai diare, nyeri tenggorokan, sembelit, hilang nafsu makan, dan perasaan lelah sebagian besar termasuk gejala tipes pada anak. Gejala tersebut bisa berbeda-beda tergantung dari kondisi setiap anak. Keluhan muncul secara bertahap dalam hitungan hari atau minggu. Paparan bakteri membutuhkan waktu 7-14 hari sebelum mengalami gejala tipes.


  • Penanganan

Ketika anak mengalami salah satu atau beberapa gejala tipes yang telah disebutkan tadi, Anda harus memberikan penanganan yang tepat. Umumnya tipes sembuh dalam waktu 3-4 minggu, dengan catatan anak tidak memiliki gangguan kesehatan lain. Antibiotik dan parasetamol termasuk obat tipes pada anak yang lazim dikonsumsi. Biasanya kondisi kesehatan mulai membaik beberapa hari setelah mengkonsumsi obat tersebut secara rutin. Namun, jika keadaannya belum membaik silahkan membawanya ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.


  • Pencegahan

Sebenarnya, pemerintah telah menyediakan vaksin untuk tipes berupa imunisasi ketika bayi menginjak usia 9 hingga 12 bulan. Pencegahan lain yang bisa dilakukan yaitu dengan minum air dari sumber yang bersih, pola makan bersih, hindari jajan sembarangan atau di tempat kotor, dan rajin mencuci tangan. Karena hampir sebagian besar penyakit berasal dari tangan, oleh karena itu penting untuk selalu menjaga kebersihan.



Memperhatikan pola makan anak perlu dilakukan agar tidak timbul gejala tipes pada anak. Menerapkan gaya hidup bersih membuat si kecil terhindar dari berbagai macam penyakit. Memberikan penanganan yang tepat seperti penggunaan obat tipes pada anak berupa paracetamol dan antibiotik dapat membantu memulihkan kondisi kesehatannya.


Posting Komentar

0 Komentar