Cara Alami Memperbanyak ASI Selama Menyusui, Apa Saja?

Cara Alami Memperbanyak ASI Selama Menyusui, Apa Saja?

cara memperbanyak asi

Air susu ibu merupakan makanan terbaik bagi bayi, terutama untuk 6 bulan pertama. Sayangnya, tidak sedikit para ibu yang khawatir jika ASI-nya tidak cukup memenuhi kebutuhan si kecil. Apalagi sampai sampai tidak keluar. Penyebab ASI tidak keluar juga berbagai faktor seperti stres. Anda salah satu di antaranya? Tak perlu cemas, ada beberapa cara memperbanyak ASI secara alami yang dapat dilakukan. 


1. Menyusui secara teratur atau setiap 2-3 jam sekali


Cara pertama untuk memperbanyak produksi ASI adalah dengan meningkatkan frekuensi menyusui. Namanya dikenal dengan let down reflex yang dapat membantu merangsang kontraksi pada otot-otot payudara. Hasilnya, ASI bisa mengalir dengan lancar sampai diminum bayi. Sistem kerja produksi ASI seperti hukum penawaran dan permintaan. Jadi, semakin banyak permintaan, jumlah persediaan juga meningkat. 


2. Menciptakan lingkungan nyaman untuk menyusui


Produksi ASI seseorang tidak hanya dipengaruhi oleh tingkat frekuensi menyusuinya. Namun, juga karena lingkungan di sekitarnya. Cara memperbanyak ASI berikutnya adalah menciptakan lingkungan nyaman, tenang dan santai. Hindari rasa terlalu cemas, stres hingga depresi berlebihan. Tak hanya produksi ASI saja, depresi berlebihan juga berdampak pada kemampuan menyusui si kecil.


3. Kebutuhan zat gizi terpenuhi dengan baik


Tak dipungkiri jika ibu menyusui sangat mudah lapar. Namun, jangan sampai Anda mengonsumsi makanan tidak tepat karena dapat mempengaruhi kebutuhan zat gizi di dalam tubuh. Kebutuhan tersebut tidak hanya untuk tubuh ibu, tetapi merupakan salah satu cara memperbanyak ASI. Makanan kaya akan gizi dengan mengandung vitamin dan mineral bisa ditemukan di buah, sayuran hijau, daging, ayam, ikan, dan telur. Pastikan pula untuk minum air cukup agar tubuh tidak dehidrasi.


4. Istirahat yang cukup


Sebagai seorang ibu menyusui, pasti banyak sekali ‘tugas’ yang membuat sibuk seharian. Belum lagi agenda lembur untuk menemani si kecil. Namun, tetap saja Anda harus memperhatikan kesehatan dengan istirahat cukup. Selain tidur 8 jam setiap harinya, Anda juga bisa menyiasati tidur siang dengan waktu yang ditentukan. Pastikan jangan sampai keenakan sehingga melupakan si kecil yang membutuhkan ASI setiap 2-3 jam sekali. 


Posting Komentar

0 Komentar