Bagaimana Kalau Ibu hamil Terserang Flu, pilek Atau Hidung Tersumbat? Lakukan ini

Bagaimana Kalau Ibu hamil Terserang Flu, pilek Atau Hidung Tersumbat? Lakukan ini

Jika seorang ibu hamil menderita flu, sangat penting bagi dia untuk segera berkonsultasi dengan dokter atau bidan. Flu pada ibu hamil dapat menjadi lebih serius dibandingkan dengan orang yang tidak hamil, karena sistem kekebalan tubuh ibu hamil biasanya sedang menurun.



Selain itu, ibu hamil juga harus memperhatikan gejala-gejala yang mungkin timbul akibat flu, seperti demam, sakit kepala, sakit tenggorokan, batuk, pilek, dan nyeri tubuh. Untuk meredakan gejala tersebut, ibu hamil dapat melakukan hal-hal berikut:

  • Istirahat yang cukup
  • Minum banyak cairan, seperti air, teh herbal, atau jus buah
  • Gunakan penghirup uap untuk melembapkan saluran udara
  • Konsumsi makanan sehat dan bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh
  • Gunakan obat-obatan yang aman untuk ibu hamil sesuai resep dokter.

Penting juga bagi ibu hamil untuk menghindari orang yang sakit dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar untuk mencegah penyebaran infeksi.


Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Paracetamol?

Ibu hamil dapat mengonsumsi paracetamol dengan dosis yang aman sesuai dengan rekomendasi dokter. Paracetamol termasuk obat penghilang rasa sakit dan penurun demam yang sering diresepkan untuk mengatasi gejala flu atau pilek.

Namun, penggunaan paracetamol pada ibu hamil harus dilakukan dengan hati-hati dan hanya di bawah pengawasan dokter. Dosis yang terlalu tinggi dapat berisiko menyebabkan kerusakan pada hati dan ginjal pada ibu hamil dan janinnya.

Sebaiknya, sebelum mengonsumsi paracetamol atau obat-obatan lainnya, ibu hamil selalu berkonsultasi dengan dokter atau apoteker untuk mengetahui dosis yang aman dan efek samping yang mungkin timbul. Selain itu, hindari penggunaan obat-obatan yang tidak diresepkan oleh dokter, karena dapat berisiko bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya.

Posting Komentar

0 Komentar