Bidan Sela Terdekat di Margaasih

Terdekat di bandung Ramah, Bersih dan Nyaman

Menu dan Pola Makan Bergizi untuk si Buah Hati

Perlu diketahui bahwa pola makan anak usia balita haruslah dibiasakan untuk mengkonsumsi makanan sehat tiga kali sehari serta dua kali camilan sehat khusus balita. Bisa juga menyesuaikan menu makanan keluarga dengan makanan yang disediakan untuk balita, Bunda. Paling penting untuk masa seperti ini adalah memenuhi kebutuhan gizi untuk anak 1 tahun hingga berumur 5 tahun. Jadi, perhatikan menu dan pola makan balita agar gizi anak terpenuhi berikut ini.

Karbohidrat

Terdapat dua jenis karbohidrat yang terkandung dalam makanan, yaitu karbohidrat kompleks dan sederhana. Karbohidrat sederhana merupakan nama lain dari gula yang bisa bunda temukan pada gula putih, buah, susu, madu, hingga permen. Sedangkan, karbohidrat kompleks cenderung lebih sulit untuk dicerna dan membuat anak lebih cepat kenyang.

Contoh makanan yang tergolong dalam karbohidrat kompleks adalah umbi-umbian, roti, pasta, jagung, gandum, singkong. Makanan-makanan ini sangat melengkapi kebutuhan nutrisi balita. Selain itu, makanan tersebut juga mengandung vitamin, mineral, dan serat yang dapat membantu pencernaan si buah hati.

Protein

Selanjutnya Bunda bisa memenuhi kebutuhan nutrisi buah hati dengan memberikan makanan yang memiliki kandungan protein. Produk hewani lebih kaya akan kandungan protein seperti susu, telur, daging ayam, dan makanan laut. Sedangkan protein yang berasal dari produk nabati bisa didapatkan dari kacang-kacangan, sayuran, dan biji-bijian.

Lemak

Selanjutnya, bunda juga harus memberikan asupan lemak berkualitas pada si kecil yang juga harus disesuaikan dengan kebutuhan kalorinya. Anak usia 2-3 tahun setidaknya harus mengkonsumsi lemak dari 30% -  35% kalorinya untuk menjaga kebutuhan gizi untuk anak usia 1 tahun hingga 5 tahun. Sedangkan pada anak usia 4-18 tahun mengkonsumsi lemak dari 25-35% total kalori yang di konsumsi.


Serat

Selain memenuhi kebutuhan gizi yang sudah disebutkan diatas, Bunda juga harus memenuhi kebutuhan serat yang diperlukan oleh tubuh si kecil. Banyak manfaat yang akan didapat dengan memenuhi kebutuhan serat pada tubuh anak mulai dari membantu mengendalikan rasa lapar, menjaga kestabilan kadar gula darah, dan juga menjaga berat badan anak agar tetap stabil. Makanan yang kaya akan serat bisa didapat dari pisang, apel, wortel, oatmeal, atau roti gandum.

Demikianlah, Bunda berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh si buah hati selama masa balita. Tentu memenuhi nutrisi seperti diatas sangat diperlukan guna menjaga kebutuhan gizi agar anak tumbuh sehat dan kuat. Tetap jaga pola makan sehat, Bunda.

0 Response to "Menu dan Pola Makan Bergizi untuk si Buah Hati"

Post a Comment