Bidan Sela Terdekat di Margaasih

Terdekat di bandung Ramah, Bersih dan Nyaman

Perhatikan Kondisi Pemberian Susu Formula Pada Bayi Dibawah 1 Tahun

Bayi yang baru lahir tentu sangat disarankan untuk mengkonsumsi ASI ekslusif, tapi sayangnya tidak semua ibu menyusui dapat memberikan ASI dengan lancar karena masalah tertentu. Maka, susu formula menjadi alternatif untuk menggantikan ASI. Namun, saat kondisi bagaimanakah ibu menyusui dapat memberikan susu untuk bayi usia 0-12 bulan?

Pada umumnya dokter memperbolehkan bayi meminum susu formula baik saat sudah berusia sekian bulan atau bahkan saat baru lahir, namun apabila bayi memiliki kondisi medis tertentu seperti berikut ini.

Galaktosemia

Yang pertama adalah saat si kecil memiliki kondisi galaktosemia yang berarti kondisi metabolism tubuh bayi tidak bisa memproses galaktosa menjadi energi pada tubuh. Galaktosa merupakan komponen gula yang terkandung dalam ASI maupun susu formula. Dan, hal ini juga harus dapat diatasi segera guna menghindari anak mengalami gangguan perkembangan, gangguan pada liver dan ginjal, dan bahkan dapat beresiko katarak.

Maka selanjutnya, dalam kondisi seperti ini Bunda juga harus memberikan susu formula dengan memberikan susu formula berbahan dasar kacang kedelai disertai penanganan medis lainnya. Dan, apabila memungkinkan maka si kecil harus dilatih untuk diet galaktosa sepanjang hidup.

Bayi Prematur

Kemudian susu formula dapat diberikan pada bayi yang mengalami kondisi prematur, sebab bayi yang mengalami kondisi medis seperti ini sangat membutuhkan banyak kalori, lemak, dan protein. Meskipun ASI prematur memenuhi ketiga nutrisi tersebut, tapi ASI ini disebut masih belum optimal untuk menjadi ASI matur. Jadi, masih membutuhkan waktu sekitar 3-4 minggu untuk mencapai ASI matur. Maka disarankan memberikan susu formula untuk bayi prematur dengan usia kurang dari 32 minggu dan berat kurang dari 1,5 kg.

Kondisi Lain

Dan yang terakhir, kondisi yang mengharuskan Bunda memberikan susu untuk bayi usia 0-12 bulan yaitu apabila bayi mengalami gejala dehidrasi dan ASI belum mencukupi kebutuhan bayi. Kondisi seperti ini biasanya disertai dengan BAB yang keluarnya sangat perlahan atau masih berbentuk mekonium (feses pertama) sekalipun bayi sudah mencapai usia lebih dari 5 hari.

Kondisi lain yang disarankan agar bayi diberikan susu formula yaitu ketika berat badan bayi turun sebab dari produksi ASI yang lambat sehingga belum bisa memenuhi kebutuhan si kecil.

Demikian berbagai macam kondisi medis pada bayi yang sangat disarankan untuk diberikan susu formula guna memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi untuk buah hati. Tetap perhatikan kesehatan si kecil, Bunda.

0 Response to " Perhatikan Kondisi Pemberian Susu Formula Pada Bayi Dibawah 1 Tahun "

Post a Comment