Bidan Sela Terdekat di Margaasih

Terdekat di bandung Ramah, Bersih dan Nyaman

Mengenal Tekstur Makanan Bayi Sesuai Usia

Makanan merupakan sumber nutrisi utama yang dibutuhkan si Kecil untuk membantu tumbuh kembangnya berjalan optimal. Ketika baru lahir hingga berusia 6 bulan, si Kecil diwajibkan untuk mendapatkan ASI secara eksklusif. Baru setelah usia 6 bulan, Anda bisa memberikan makanan padat sebagai makanan pendamping ASI. Salah satu hal penting dalam mempersiapkan makanan bayi adalah memperhatikan teksturnya. Pasalnya setiap tahapan usia memiliki tekstur yang berbeda-beda. Berikut ini adalah tekstur makanan bayi sesuai usia yang harus Anda ketahui:

Usia 6 Bulan

Bayi sudah bisa mendapatkan makanan padat di usia 6 bulan karena sistem pencernaannya sudah berkembang dengan baik. Selain itu, ASI sudah tidak lagi bisa mencukupi kebutuhan nutrisi anak sehingga mereka membutuhkan makanan pendamping. Karena baru mengenal makanan padat pertama kali, tekstur makanan yang tepat untuk bayi 6 bulan adalah puree atau bubur saring yang sangat lembut.

Usia 7-8 Bulan

Pada umumnya bayi usia 7-8 bulan juga mengonsumsi makanan bertekstur sama dengan awal konsumsi makanan padat. Tambahkan air atau ASIP (Air Susu Ibu Perah) agar teksturnya lembek tapi tidak begitu cair.

Usia 9-10 Bulan

Tekstur makanan bayi sesuai usia selanjutnya yaitu ketika si Kecil memasuki bulan ke 9-10. Banyak ahli yang berkata bahwa masa ini adalah masa kritis dalam melatih kemampuan mengunyah si Kecil. Sebaiknya Anda mencoba untuk memberikan makanan yang sedikit lebih kasar atau menyerupai bentuk aslinya. Tujuannya yaitu agar kemampuan mengunyah si Kecil berkembang.

Usia 11-12 Bulan

Memasuki usia 11-12 bulan, bayi biasanya sudah memiliki rahang yang stabil sehingga mampu melakukan gerakan rotasi. Bayi sudah bisa memakan makanan keluarga, namun Anda tetap harus berhati-hati dalam mengawasinya. 

12 Bulan Ke Atas

Pada usia ini bayi sudah bisa makan makanan sehari-hari seperti yang orang dewasa konsumsi. Oleh sebab itu, Anda terkadang tidak perlu membedakan antara makanan si Kecil dengan makanan orang dewasa. 

Itulah tekstur makanan bayi sesuai usia yang perlu diketahui sebelum Anda memberikannya. Selain tekstur, Anda juga perlu memperhatikan asupan nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh si Kecil sehingga bisa memilihkan makanan yang tepat. Konsultasikan hal tersebut dengan Bidan Sela. Bidan Sela akan membantu Anda untuk bisa menentukan makanan yang dibutuhkan bagi tumbuh kembang si Kecil. Website yang bisa Anda kunjungi untuk mendapatkan informasi yaitu bidansela.com.

0 Response to "Mengenal Tekstur Makanan Bayi Sesuai Usia"

Post a Comment