Bidan Sela Terdekat di Margaasih

Terdekat di bandung Ramah, Bersih dan Nyaman

Manfaat Gizi Seimbang Untuk Anak

Gizi Seimbang Untuk Anak

Tahukah bunda, bahwa kebutuhan gizi untuk anak-anak lebih tinggi dibandingkan dengan kebutuhan gizi orang dewasa? Itulah salah satu alasan kenapa bunda harus memperhatikan kandungan gizi seimbang untuk anak pada makanan maupun minuman yang bunda berikan setiap hari.

Manfaat Gizi Seimbang Untuk si Kecil

Memperhatikan gizi anak-anak sangat penting. Karena, dengan memperhatikan asupan gizi yang seimbang, akan berdampak positif bagi mereka. Berikut kami jelaskan apa saja manfaatnya:

Menjaga daya tahan tubuh.

Mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badan si kecil.

Si kecil tumbuh menjadi anak yang aktif.

Mencegah penyakit ringan maupun berat.

Mengoptimalkan perkembangan kecerdasan anak.

Mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Tips Mengoptimalkan Gizi Seimbang Anak

Gizi Seimbang Untuk Anak

Sebagai panduan menerapkan gizi seimbang bagi anak-anak, berkut telah kami rangkum langkah-langkahnya:

1. Asupan Gizi Untuk Anak di Usia 1-3 Tahun

Di usia ini, anak-anak membutuhkan asupan gizi makro harian. Adapun jenis-jenisnya yaitu seperti protein, karbohidrat, lemak, serat, air, dan energi. Selain itu juga memerlukan berbagai vitamin, mulai dari vitamin A, D, E, dan K.

Beri si kecil asupan makanan sehat sebanyak tiga kali sehari. Bunda juga bisa menambah cemilan sehat ke dalam menu makanan si kecil.

2. Asupan Gizi Untuk Anak 4-5 Tahun

Di usia ini, si kecil membutuhkan asupan gizi makro harian berdasarkan AKG 2013. Adapun jenis gizinya meliputi energi, protein, karbohidrat, lemak, air dan serat. Secara garis besar sama dengan usia 1-3 tahun, namun porsinya saja yang menjadi lebih banyak.

Bunda bisa memadukan makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan daging tanpa lemak.

Informasi Manfaat Gizi Untuk Anak

Setiap gizi atau nutrisi memiliki perannya masing-masing. Adapun fungsinya yaitu seperti:

Protein: berperan untuk membantu pertumbuhan, memproduksi hormon dan enzim, meningkatkan masa otot, memperbaiki fungsi otak, meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan metabolisme.

Karbohidrat: berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh. Ada dua jenis karbohidrat, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks.

Demikian informasi seputar manfaat gizi seimbang untuk anak. Dari penjelasan di atas, kini Anda bisa mengetahui apa saja manfaat dan kelebihan memperhatikan pola makan dengan gizi seimbang untuk anak-anak. Semoga dapat menambah wawasan dunia parenting.

0 Response to " Manfaat Gizi Seimbang Untuk Anak"

Post a Comment