Bidan Sela Terdekat di Margaasih

Terdekat di bandung Ramah, Bersih dan Nyaman

Mengenal Kebutuhan Gizi Untuk Anak 1 Tahun

Kebutuhan Gizi Untuk Anak 1 Tahun

Memenuhi kebutuhan gizi si kecil adalah tugas setiap orangtua, khususnya bunda yang selalu memperhatikan pola makannya. Sangat penting sekali untuk memperhatikan kebutuhan gizi untuk anak 1 tahun, atau sesuai dengan pertumbuhan usia mereka.

Nah, di sini kami akan coba jelaskan kebutuhan gizi si kecil pada usia 1 tahun. Tujuannya agar tumbuh kembang anak menjadi optimal.

Kebutuhan Gizi Sesuai AKG

Pastikan bunda memenuhi asupan gizi sesuai AKG atau Angka Kecukupan Gizi. Untuk balita usia 1 hingga 3 tahun, berikut daftarnya:

Serat sebanyak 16 gram

Karbohidrat sebanyak 155 gram

Air sekitar 1200 ml

Protein sebanyak 26 gram

Energi sebanyak 1125 kkal

Lemak baik sebanyak 44 gram

Sedangkan untuk kebutuhan vitaminnya adalah sebagai berikut:

Kebutuhan vitamin K sebanyak 15 mikrogram

Kebutuhan vitamin A sebanyak 400 mikrogram

Kebutuhan vitamin D sebanyak 15 mikrogram

Kebutuhan vitamin E sebanyak 6 miligram

Tips Mengoptimalkan Makanan Harian

Kebutuhan Gizi Untuk Anak 1 Tahun

Semua kandungan gizi diperoleh dari makanan yang dikonsumsi oleh anak-anak. Berikut kami jelaskan panduan makanan harian si kecil yang baru berusia 1 hingga 3 tahun.

1. Makanan Bertekstur

Di usia 1 tahun ke atas, anak-anak sudah bisa mengonsumsi makanan bertekstur. Bahkan si kecil juga sudah bisa mengonsumsi beberapa menu makanan keluarga. Silahkan bunda variasikan menunya agar si kecil tidak mudah bosan.

2. Tingkatkan Porsi Secara Bertahap

Semakin bertambah besar usia anak, maka bunda bisa meningkatkan porsi makanan mereka secara bertahap. Namun tetap perhatikan porsinya agar tidak terlalu  berlebihan. Pasalnya, kebutuhan gizi si kecil akan bertambah seiring dengan perkembangan usianya.

3. Variasikan Makanan Bergizi

Selain memvariasikan menu makanan, variasikan juga kandungan-kandungan gizi pada makanan tersebut. Contohnya, dalam menyajikan daging yang mengandung protein. Bunda bisa memilih ikan, daging ayam, atau sapi secara bervariasi.

4. Mengenali Perilaku Picky Eater

Usia 1 tahun ke atas, anak-anak biasanya sudah memiliki menu favorit mereka sendiri. Pada usia ini bunda harus pandai-pandai menyajikan makanan. Pasalnya mereka sudah mulai pilih-pilih menu.

Itulah berbagai informasi penting seputar kebutuhan gizi untuk anak 1 tahun dan tips mengoptimalkan menu makannya. Bunda bisa mencobanya untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

0 Response to " Mengenal Kebutuhan Gizi Untuk Anak 1 Tahun"

Post a Comment