Bidan Sela Terdekat di Margaasih

Terdekat di bandung Ramah, Bersih dan Nyaman

5 Cara Mendidik Anak Balita Aktif yang Tepat

Mendidik Anak Balita Aktif

Anak-anak yang sudah memasuki usia 2 hingga 3 tahun biasanya sudah mulai aktif dan tidak bisa diam. Namun jangan khawatir, pasalnya hal tersebut normal. Namun, bagi yang kewalahan, bunda bisa mengikuti cara mendidik anak balita aktif yang sudah kami rangkum berikut:

1. Ajak si Kecil Membantu Bersih-Bersih

Jika si kecil sudah mulai aktif dengan cara ingin membantu bunda saat bekerja di rumah, usahakan untuk tidak melarangnya. Jangan melarang karena takut tangan mereka kotor. Hal ini justru bagus agar mereka bisa membiasakan diri bekerja dari kecil.

2. Pilih Mainan yang Cocok dan yang Mereka Sukai

Mainan merupakan salah satu cara untuk mengalihkan perhatian anak. Si kecil yang aktif akan teralihkan oleh sebuah permainan. Pilihlah jenis mainan yang mereka sukai. Tujuannya agar mereka duduk manis dan fokus pada mainan tersebut.

Mendidik Anak Balita Aktif

3. Mengajak si Kecil Melakukan Kegiatan Menarik

Rencanakan kegiatan seru bersama si kecil. Mereka yang sering aktif bisa bunda ajak beraktivitas berbagai kegiatan-kegiatan seru. Misalnya seperti berenang di kolam renang, bermain di taman, bersepeda, dan masih banyak lainnya. Pastikan juga aktivitasnya bagus untuk si kecil, baik itu permainan yang edukatif, maupun olahraga.

4. Pilih Aktivitas yang Dapat Menguras Energi

Ada banyak kegiatan yang bisa bunda coba kenalkan kepada si kecil. Carilah aktivitas seru yang dapat menguras energi mereka. Misalnya seperti bermain bola, bermain pasir, dan masih banyak lainnya. Di akhir pekan, bunda juga bisa mengajak mereka pergi bermain ke luar rumah seperti mengajaknya mandi bola.

5. Membiarkan si Kecil Beraktivitas

Membiarkan si kecil beraktivitas sendiri juga bisa menjadi solusi. Namun tetap awsi si kecil agar tidak melakukan hal-hal yang berbahaya. Mereka yang bermain dan aktif sendiri, semakin lama energinya pun akan semakin terkuras dan akhirnya tidur. Dengan cara ini bunda tidak perlu repot melarang dan mencari permainan.

Itulah beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat mendidik anak balita aktif. Silahkan bunda pilih salah satunya, atau bunda implementasikan semuanya satu per satu. Dengan cara di atas, si kecil akan tetap aktif namun tidak mengganggu aktivitas bunda.

0 Response to " 5 Cara Mendidik Anak Balita Aktif yang Tepat"

Post a Comment