-->

Peristiwa Yang Terjadi Pada Janin 5 Bulan Aktif

janin 5 bulan aktif,


Ketika janin sudah mencapai usia 5 bulan, biasanya Bunda sudah merasakan ada kehidupan di dalam perut. Karena di masa janin 5 bulan aktif, di dalam kandungan ia sudah mulai bergerak. Seperti menendang, bergeliat dan semacamnya. 

Di masa ini pula, muncul beberapa peristiwa yang dialami janin dan Bunda. Keajaiban-keajaiban yang menakjubkan, yang menandakan kalau bayi di dalam kandungan sudah besar dan sehat. Berikut peristiwa-peristiwa tersebut, yaitu:

1. Ada Pergerakan Di Dalam Perut Bunda

Peristiwa pertama adalah ada pergerakan di dalam perut. Sekalipun ini membuat “begah”, tetapi Bunda sudah merasa nyaman dan lebih relaks dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. 

janin 5 bulan aktif,


Hal ini dikarenakan selera makan Bunda sudah bangkit. Mual juga sudah berkurang. Maka dari itu kehamilan di usia ini, sudah lebih terbiasa dan normal. 

2. Terbentuk Organ Kelamin 

Usia janin 5 bulan aktif, biasanya jenis kelaminnya sudah terlihat. Maka dari itu, jika kandungan memasuki masa ini, lakukan tes USG untuk mengetahui kelaminnya.  Namun, apapun hasil tes, Bunda harus menerimanya dengan lapang dada ya.

Selain jenis kelamin, di usia janin 5 bulan, beberapa organ tubuhnya juga terbentuk. Namun, ukurannya masih sangat kecil. Tubuh yang paling jelas terlihat adalah kaki dan jari-jemari tangan. 

3. Terjadi Pembentukan Indera Pendengaran

Pada usia janin 5 bulan selalu bergerak ataupun janin 5 bulan kurang gerak, peristiwa yang dialami di dalam kandungan sama. Yaitu, muncul indera pendengaran. Bahkan, di umur ini, telinga si janin mulai peka dengan suara yang ia dengar. Janin juga bisa merespon suara dengan cara bergerak. 

Selain itu, menurut medis, di usia ini janin sudah mendengar detak jantung dirinya sendiri serta suara organ sang Bunda. Maka dari itu, stimulus yang perlu dilakukan Bunda adalah elus perut diiringi suara memanggil yang lembut seperti “wahai anakku”, “sehat terus ya dik”, dan selainnya.

4. Mengalami Peningkatan Rangsangan Terhadap Cahaya

Peristiwa selanjutnya adalah janin mengalami sensitivitas cahaya. Bahkan, sinar lampu maupun matahari sudah ia rasakan di dalam perut. 

Untuk membuktikan peristiwa ini, silakan sang Ayah sinari perut Bunda dengan senter. Pasti Bunda merasakan tendangan bayi dalam rahim yang lebih kencang. Ini merupakan respon dirinya terhadap cahaya tersebut. 

5. Bunda Mengalami Anemia

Di usia janin 5 bulan, Bunda memang sudah mulai sehat dan terbiasa. Namun, jangan banyak bergerak, karena Bunda bisa mengalami anemia atau kurang darah.  Karena di usia tersebut, bayi di dalam kandungan membutuhkan banyak aliran darah untuk meningkatkan perkembangan fisiknya. 

Selain itu, untuk menyikapi peristiwa ini, Bunda harus rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti sayuran dan daging. Boleh juga minum suplemen penambah darah tetapi harus sesuai dosis dokter. 

7. Tumbuh Alis dan Rambut

Selain organ telinga, bayi janin usia 5 bulan juga mengalami peristiwa pertumbuhan rambut dan alis. Karena di kala itu, lapisan epidermis dan dermis pada kulit sudah terbentuk dengan sempurna. 

Akan tetapi, rambut dan alis ini tidak bertahan lama. Beberapa minggu pasca janin dilahirkan, akan rontok dan akan berganti dengan rambut-rambut yang baru. Ketika sudah menjadi bayi, baru rambut dan alisnya bisa bertahan lama. 

Peristiwa-peristiwa yang dialami Bunda dan janin 5 bulan aktif sejatinya hal yang wajar. Namun, jika di rasa ada kejanggalan, seperti janin 5 bulan tidak bergerak, silakan Bunda mendatangi dokter untuk mengetahui perkembangan yang lebih jelas. 

Author

Bidan sela perkembangan bayi

Bidan Sela

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: