Haruskah Panik Jika di Usia 9 Bulan Bayi Belum Tumbuh Gigi?

Pertumbuhan gigi bayi umumnya dimulai di usia 6 bulan. Bersamaan dengan fase dimana bayi sudah mulai belajar mengenal makanan melalui MPASI. Pertumbuhan gigi bayi memang dimulai sejak usia tersebut, namun setiap bayi memiliki fase yang berbeda-beda. Akan tetapi bagaimana jika hingga usia 9 bulan bayi belum tumbuh gigi?

Mungkin banyak dari Bunda yang khawatir ketika di usia tersebut bayi justru belum mengalami pertumbuhan gigi yang baik. Sebenarnya ada beberapa alasan yang mendasari perkembangan bayi 9 bulan belum tumbuh gigi. Ada alasan apa saja? Berikut adalah beberapa di antaranya.

Memahami Penyebab Bayi 9 Bulan Belum Tumbuh Gigi

Ada beberapa penyebab yang sebenarnya menjadi alasan kenapa bayi di usia 9 bulan bulan mengalami tumbuh gigi. Salah satu alasan yang banyak ditemui adalah karena fase perkembangan gigi yang berbeda-beda antara satu dan yang lainnya hal ini normal ditemui. 

Pada beberapa kasus bahkan ditemui kelahiran bayi yang sudah hadir di dunia dengan gigi pertamanya. Namun, di sisi lain juga banyak ditemui bayi yang belum memiliki gigi pertama hingga berusia 1 tahun hal ini sebenarnya cukup wajar. 

Akan tetapi mungkin banyak yang khawatir kenapa di usia 9 bulan bayi belum tumbuh gigi. Sebenarnya batasan normal untuk usia tumbuh gigi adalah sampai dengan 18 bulan. Ketika lebih dari itu maka para Bunda sebaiknya memeriksakan si kecil ke dokter ahli untuk mengetahui penyebabnya.

Hal-hal yang Harus Bunda Lakukan Ketika Si Kecil Belum Tumbuh Gigi

Lalu apa yang dapat Bunda lakukan ketika menemui perkembangan bayi 9 bulan belum tumbuh gigi? Ada beberapa hal yang Bunda dapat lakukan ketika ternyata si kecil belum tumbuh gigi hingga usia 9 bulan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Memeriksakan ke Dokter 

Pertama yang sebaiknya Bunda lakukan adalah memeriksakan si kecil ke dokter yang ahli dan berpengalaman. Ini guna memahami penyebab dari kenapa si kecil belum tumbuh gigi hingga sekarang. Pasalnya untuk setiap kasus ada banyak hal-hal berbeda yang mendasarinya. 

Meski harus diakui kebanyakan kasus yang ada adalah karena si kecil belum memasuki fase pertumbuhan gigi yang sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan orang tua. Ketika lebih dari 18 bulan sebaiknya konsultasikan dengan dokter anak yang terpercaya.

Memberikan Makanan Pendorong Tumbuh Gigi

Selanjutnya Bunda dapat menstimulasi anak dengan makanan yang mendorong pertumbuhan gigi. Ini baik untuk semakin membantu pertumbuhan gigi anak. Ada beberapa makanan yang dapat membantu mendorong pertumbuhan gigi.

Makanan yang pertam adalah sayur-mayur. Di sini kehadiran sayur menjadi bahan yang penting untuk membentuk fondasi gigi anak. Apalagi ada banyak pilihan sayur yang dapat di pilih. Selain itu produk makanan yang berkalsium juga tak ada salahnya dihadirkan pada bayi dengan catatan sudah melalui konsultasi dokter.  

Menjaga Kebersihan Mulut Bayi

Selama fase menunggu gigi bayi tumbuh sebaiknya tetap jaga kebersihan mulut bayi. Caranya dengan memastikan jangan sampai benda-benda kotor masuk ke dalam mulut bayi. Selain itu juga rutin untuk membersihkan gusi bayi dengan menggunakan kain basah yang nantinya dibungkuskan pada telunjuk. Gosok gusi secara berlahan agar bayi tidak mengalami luka.

Rupanya perkembangan bayi 9 bulan belum tumbuh gigi adalah hal yang normal. Hanya saja ketika Bunda khawatir tak ada salahnya lebih dahulu memeriksakan pada dokter berpengalaman untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyebabnya.

Comments