Rangkaian Perkembangan Bayi Baru Lahir

rangkaian perkembangan bayi usia 1 bulan


Fase ketika awal-awal melahirkan mungkin menjadi saat transisi bagi para orang tua utamanya yang sebelumnya tidak memiliki pengalaman melahirkan. Di sini orang tua sudah mulai belajar mengenali kebiasaan berikut dengan tumbuh kembang bayi usia 0 sampai 4 minggu.


Sejak dilahirkan sebenarnya bayi sudah memiliki beberapa kemampuan yang berkembang. Bahkan perkembangan bayi baru lahir terus terjadi tiap minggu. Untuk itu kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai fase rangkaian perkembangan bayi usia 1 bulan.


Fase-fase Perkembangan Bayi 1 Bulan Tiap Minggu


rangkaian perkembangan bayi usia 1 bulan

Bunda tak hanya harus belajar menyesuaikan diri sebagai orang tua. Namun di sisi lain juga harus mengenali tahapan-tahapan perkembangan si kecil. Ada beberapa tahapan perkembangan yang dapat Bunda temui pada bayi usia 0 sampai 4 minggu. Inilah rangkaian perkembangan si kecil yang harus Bunda ketahui.


Minggu Pertama


Perkembangan bayi baru lahir 1 minggu akan mulai mengalami penurunan berat badan. Prosentase penurunan berat badan ini dapat mencapai 5 sampai dengan 10 persen. Akan tetapi Bunda tidak perlu khawatir karena ini merupakan hal yang normal, selama masih dalam batasan penurunannya maksimal 10 persen dari berat ketika lhir.


Di minggu pertama ini pengelihatan bayi belum sempurna, begitu juga dengan pendengarannya. Namun ia mampu mengenali suara-suara yang pernah ia dengar ketika berada di dalam kandungan. 


Minggu Kedua


Perkembangan pendengaran pada bayi berlanjut pada minggu kedua. Di sini ia sudah mulai sedikit memahami suara dari orang tuanya (utamanya suara dari ibu). Pada fase ini tak ada salahnya mulai mengajak bayi berbicara. Untuk kemampuannya melihat juga sudah mulai berkembang meski ia hanya mampu melihat benda yang memiliki jarak 20 sampai 40 cm dari hadapannya.


Pada usia dua minggu ini sebaiknya mulai banyak lakukan komunikasi dengan bayi hal ini untuk memastikan bayi menjadi terbiasa dengan suara maupun kehadiran dari Bunda serta lingkungan sekitarnya. Ini akan membantu bayi merasa lebih aman serta tenang. 


Minggu Ketiga 


Selanjutnya adalah masa perkembangan bayi baru lahir 3 minggu. Di sini akan ada beberapa perkembangan lanjutan salah satunya adalah terkait masalah pengelihatan. Pada masa inilah bayi akan menjadi lebih senang melihat wajah-wajah yang ada dalam jangkauan pengelihatannya jika dibanding melihat benda.


Guna membantu melatih pengelihatan bayi utamanya fokusnya sebaiknya perhatikan bayi ketika Bunda menyusui. Kemudian jangan loba coba gerakkan kepala secara berlahan, lalu perhatikan pergerakan bola matanya. Ini akan cukup membantu bagi si kecil untuk melatih otot-otot matanya dalam melihat serta mengikuti pergerakan benda nantinya,


Tak hanya itu melakukan kegiatan ini rupanya juga dapat membantu meningkatkan ikatan batin dengan si kecil lho Bunda. Apalagi bayi di usia ini sudah dapat mulai mengenali suara Bunda di antara suara-suara lain yang ada di sekitarnya.


Minggu Keempat


Ketika memasuki usia minggu ke empat bayi akan menjadi lebih kuat jika dibandingkan minggu-minggu sebelumnya. Di usia inilah ia akan mulai belajar untuk menghisap ibu jarinya sendiri. Perkembangan juga terlihat dari indra pengelihatannya. Dimana bayi sudah mulai dapat melihat benda-benda dengan jarak 20 sampai 35 cm dengan foksu yang baik.


Bayi pada minggu keempat akan mudah mengenali suara-suara keras dan memberikan responnya dengan terkejut maupun menangis. Jadi Bunda tak ada salahnya mulai mengajak bayi berbicara pada usia ini untuk semakin melatih kemampuannya mengenali suara ya.


Fase perkembangan bayi di usia 0 sampai 4 minggu kelahirannya memang cukup menakjubkan. Ia tidak hanya belajar untuk mengenali suara, tetapi juga belajar melatih fokus pengelihatannya. Tentu saja berbagai fase ini akan sangat sayang untuk dilewatkan, bukan?


Comments