-->

Janin 6 Bulan Sudah Bisa Apa? Ini Kemampuannya


Saat ini kandungan Bunda memasuki 6 bulan? Nah, saat memasuki usia 6 bulan, perkembangannya sudah cukup signifikan. Lantas janin 6 bulan sudah bisa apa? Tentu penasaran kan? Berikut ini beberapa kemampuan bayi 6 bulan dalam kandungan yang sudah bisa dirasakan oleh Bunda.


1. Meningkatnya Bobot Berat Tubuh


Ketika memasuki usia ini, bobot janin sudah meningkat. Terutama otot punggung dan tulang belakang. Itu artinya bayi dalam kandungannya sudah lebih besar dibanding bulan sebelumnya. 


Ini alasan, mengapa ketika janin memasuki usia 6 bulan, ukuran perut Bunda bertambah besar dan jelas. Bahkan, sang Bunda lebih sering mengalami “begah” dan kesulitan tidur dalam posisi tertentu. 


2. Mampu Bergerak dengan Intens


Sebagian besar Bunda yang janinnya sudah memasuki trimester kedua, pergerakan bayi dalam kandungannya semakin jelas. Bahkan durasi pergerakannya semakin lama dan sering. 


Maka dari itu, dalam kondisi ini, Bunda sering mengalami penyesakan di dalam rahim. Bahkan ada beberapa kasus, kontraksi ringan mulai terjadi yang disebut Braxton Hicks. Namun, gejala ini tidak berbahaya. Sedangkan menurut ilmu medisnya, gejala ini disebut sebagai kontraksi palsu. 


Sekalipun begitu, jika gejala ini muncul, Bunda harus mendatangi dokter. Supaya bisa dilakukan tindakan terbaik untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kehamilan yang berbahaya. 


 Janin 6 Bulan Sudah Bisa Apa



3. Asupan Nutrisinya Mulai Meningkat


Pada usia 6 bulan, janin mampu meningkatkan asupan nutrisi untuk perkembangan tubuhnya. Karena di masa tersebut, ia sudah mulai menelan mineral yang berada di dalam plasenta atau ketuban.


Itu artinya, permintaan nutrisi pada sang Bunda lebih banyak. Maka dari itu, di usia ini Bunda sering lapar dan mengalami gangguan dengan vitalitas. 


Jika sudah sampai pada periode ini, Bunda harus lebih banyak mengkonsumsi makanan yang sehat seperti sayuran dan daging. Karena yang membutuhkan gizi tidak lagi dirinya melainkan juga bayi yang ada di dalam kandungannya. 


4. Mulai Bisa Bermimpi


Selanjutnya janin 6 bulan sudah bisa apa lagi? Janin 6 bulan sudah bisa tidur dan bermimpi. Karena di periode tersebut, janin sudah bisa mendengar suara di dalam tubuh Bunda. Bahkan ia bisa mendeteksi lingkungan luar tubuhnya. Peristiwa ini yang masuk ke dalam mimpi sang janin. 


5. Sudah Mampu Bernapas dengan Teratur


Menurut agama Islam, pada masa 6 bulan inilah, ruh sudah ditiupkan ke janin. Itu artinya ini awal kehidupannya sebelum menjalani kehidupan di alam dunia. Hal ini juga dibuktikan oleh ilmu medis. Bahkan menurut dokter, di usia 6 bulan, janin sudah bisa bernapas dengan teratur. 


Maka dari itu, jika sudah sampai pada fase ini, hendaknya sang janin mulai diperdengarkan dengan suara-suara yang membuatnya tenang. Termasuk memperdengarkan ayat-ayat suci Alquran dan lagu-lagu islami.


6. Seluruh Panca Indera Sudah Berfungsi


Jika janin 6 bulan gerak terus, berarti pertumbuhan tubuhnya sudah mendekati sempurna. Bahkan di usia inilah, bentuk fisiknya sudah mendekati tubuh bayi sekalipun ukurannya masih kecil. 


Selain itu, pada usia 6 bulan, bayi di dalam kandungan sudah memiliki kemampuan penginderaan yang baik. Bahkan seluruh panca inderanya sudah berfungsi sekalipun masih belum sempurna. 


Manakala janin sudah memasuki usia 6 bulan, sudah waktunya Bunda merasa tidak nyaman dengan kandungan. Bahkan, di kondisi ini, psikologi sang Bunda terasah untuk menghindari stres dan depresi. Yang terpenting adalah terus menjaga janin dengan pola hidup sehat. 





Author

Bidan sela perkembangan bayi

Bidan Sela

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: