Perkembangan Bayi 2 Bulan Sudah Bisa Apa Saja? Yuk, Cari Tahu!

Perkembangan bayi 2 bulan menuju 3 bulan


Kedatangan buah hati, kini menjadi pelengkap kebahagiaan Bunda dan Ayah dalam menjalani mahligai rumah tangga. Apalagi ketika perkembangan bayi 2 bulan menuju 3 bulan yang sedang sangat lucu-lucunya. Walaupun pengalaman menjadi orang tua adalah hal yang bisa jadi paling mendebarkan yang terjadi dalam kehidupan rumah tangga Bunda dan Ayah. Tapi sebenarnya, perkembangan bayi 2 bulan sudah bisa apa saja, sih?


Mau tidak mau, Bunda dan Ayah memang harus beradaptasi dalam fase kehidupan yang memberikan peran baru untuk menjadi orang tua. Begitu juga dengan si kecil yang juga masih sangat baru untuk beradaptasi dengan dunia di luar kandungan ibunya. Jadi, Bunda dan Ayah pun memang perlu untuk mengetahui perkembangan apa saja yang terjadi pada si kecil.


Nah, jadi gimana sih perkembangan bayi 2 bulan yang normal itu? Langsung simak saja penjelasan berikut ini, ya!

Perkembangan bayi 2 bulan menuju 3 bulan


Ukuran Tubuh Bayi 2 Bulan


Perkembangan bayi 2 bulan menuju 3 bulan sangat mudah terlihat dari berat badannya. Normalnya, bayi yang baru lahir memiliki ukuran berat rata-rata 2500-3500 gram atau 2,5-3,5 kilogram. Dalam hal ini, ASI eksklusif yang diberikan bunda kepada si kecil sangat bermanfaat untuk mempercepat kenaikan berat badan si bayi. Sebaliknya, jika bayi tidak mendapatkan asupan ASI eksklusif, maka pertambahan berat badannya akan melambat.


Pemberian ASI eksklusif sangat penting untuk tumbuh kembang bayi, alih-alih susu formula. Karena pada saat usia bayi masih 2 bulan, lambungnya masih belum bisa berperan secara optimal guna memencah zat-zat gizi makro yang terdapat pada susu formula. Maka dari itu, pemberian susu formula untuk bayi baru lahir sangatlah tidak disarankan.


Normalnya, berat badan bayi saat berusia 2 bulan ada pada kisaran 4 sampai 4,7 kilogram. Namun bisa jadi bahwa berat badan bayi bisa lebih dari batas tersebut, dan itu masih normal. Hal ini terjadi karena mungkin saja saat lahir, bayi memiliki berat yang lebih besar, panjang badan lebih tinggi, serta asupan ASI eksklusif terpenuhi.


Kebiasaan Bayi 2 Bulan


Saat bayi berusia 2 bulan, Bunda dan Ayah pasti sangat mudah tahu bagaimana perilaku dan kebiasaan si buah hati. Dalam fase ini, indera penglihatan dan pendengaran si bayi sudah berfungsi secara optimal. Si kecil sudah mulai memperhatikan objek di sekitarnya dan juga telah mampu mendengar sumber suara serta bunyi-bunyian dengan baik.


Dalam keadaan bahagia, bayi akan tersenyum dan juga sudah bisa mulai mengenali orang lain. Jadi, hal ini juga menjadi penyebab mengapa ia akan menangis ketika digendong oleh orang asing. Selain itu, bayi 2 bulan juga mulai mengoceh dengan bahasanya sendiri yang sangat lucu dan menggemaskan. Hal ini menandakan bahwa bayi mulai menunjukkan kemampuan berkomunikasinya dengan orang lain.


Bayi 2 bulan juga sudah mulai menahan kepalanya sendiri, bahkan beberapa ada yang sudah mencoba untuk tengkurap. Kadang, bayi juga mengalami batuk, bersin-bersin, dan flu saat badannya mengalami demam.


Nah, sekarang Bunda dan Ayah sudah tahu, kan bagaimana perkembangan bayi 2 bulan sudah bisa apa. Jadi, selanjutnya Bunda dan Ayah lebih bisa mengambil sikap ataupun angkah yang tepat untuk menghadapi perkembangan bayi 2 bulan menuju 3 bulan. Bayi 2 bulan juga sedang lucu-lucunya. Karena dia sudah mulai mengeluarkan bahasa bayinya yang kadang hanya menyuarakan huruf vokal seperti aaa, uuu, dan lain sebagainya.

Comments