-->

Kemampuan Fisik, Motorik, dan Sensorik Bayi Usia 6 Bulan


Usia bayi 6 bulan tanpa adanya gangguan kesehatan pastinya orang tua merasa senang memantau masa-masa perkembangan si kecil seiring pertambahan usianya. Diusianya tersebut, si kecil mulai paham siapa orang tuanya. Bahkan, ia sudah bisa mengekspresikan keinginannya, yaitu lewat tangisan. Tapi, Bunda pun masih bisa mengendalikannya.

Mungkin bagi Bunda yang baru pertama kali memiliki momongan, sedikitnya kurang memahami perkembangan bayi 6 bulan bisa apa saja. Untuk mengetahui hal tersebut, kami akan mencoba menjabarkan beberapa hal seputar kemampuan fisik, motorik, dan sensorik bayi usia 6 bulan.

Kemampuan Fisik Bayi

  • Bayi yang berusia 6 bulan, otot dan sendinya sudah bisa bekerja dengan baik. Leher bayi sudah mulai tegak tanpa bantuan orang tuanya, namun tetap harus waspada. 
  • Bagian tulang punggung yang mulai kuat, membuatnya dapat duduk sendiri tanpa dipegang. Untuk melatih kemampuannya tersebut, Bunda sesekali bisa mendudukkan si kecil di atas kursi sambil bersandar.

  • Otot tangan yang sudah mulai berkoordinasi dengan baik, membuatnya sanggup memegang erat benda di tangannya dengan kuat. Saat Bunda mencoba mengambil benda tersebut, jari si kecil sudah bisa mempertahankan kekuatan pegangannya.
  • Bayi usia 6 bulan, tidak hanya memiliki kemampuan fisik memegang benda dengan erat saja, melainkan mampu memindahkan benda tersebut dari tangan kanan ke tangan kiri atau dari satu tempat ke tempat lain. 
Bahkan bayi yang berusia 6 bulan pun ada yang sudah diperkenalkan untuk belajar berenang. Berenang sendiri memiliki manfaat besar untuk bayi dalam melatih kemampuan fisiknya, terutama melatih kekuatan otot tangan dan kaki.
  • Jika perkembangan bayi 6 bulan berjalan normal, Bunda akan melihatnya berguling dengan kekuatan otot kaki dan bagian pantatnya.
  • Untuk sebagian bayi yang berusia 6 bulan, kemudian sudah memiliki koordinasi yang sangat baik antara otot kaki dan punggung. Maka, kemampuan fisiknya untuk bisa merangkak sudah mulai dipelajarinya. Tahapan perkembangan ini masih perlu diawasi lebih cermat.  

Kemampuan Motorik Bayi

  • Bayi sudah mulai memiliki kemampuan untuk mengenali bahasa dan mengerti dengan apa yang Bunda ucapkan, meskipun tidak secara keseluruhan.
  • Bayi sudah bisa mengekspresikan keinginannya untuk makan. Bunda bisa lihat kebiasaan si kecil memasukkan benda dari tangan ke mulutnya. Meskipun pada dasarnya ia belum mengerti benda apa yang ada di tangannya tersebut, tetapi perilakunya masih tetap sama.
  • Kemampuan motoriknya sudah mulai berkembang, ia mulai belajar mengingat sesuatu hal yang dilihat dan didengarnya. 
  • Daya ingatnya yang semakin kuat, membuat si kecil mulai mengenal bahasa yang sering Bunda ajarkan. 
Kemampuan Sensorik Bayi

  • Kemampuan sensorik ini berhubungan dengan masalah indra penglihatan, indra pendengaran, dan indra perasa.
  • Bayi usia 6 bulan sudah bisa melihat dengan sempurna. Biasanya ia lebih cenderung pada warna-warna terang yang dilihatnya. 
  • Kemampuan indra pendengarannya responsif. Ketika namanya dipanggil, respon si kecil akan dengan cepat menoleh ke arah sumber suara.
  • Indra perasanya sudah mulai aktif. Terbukti, saat ia memegang benda keras atau lunak di tangannya, pasti benda tersebut akan diremas sekuat-kuatnya.
Perkembangan bayi 6 bulan bisa apa lagi? Masih banyak kemampuan lainnya yang belum bisa kami bahas pada ulasan kali ini. Seperti salah satunya, ia sudah mulai ingin berkomunikasi dengan bahasa isyarat ataupun mengulang-ulang bahasa yang mudah diucapkannya. Misal, menyebut nama Ibu atau Ayah.

Author

Bidan sela perkembangan bayi

Bidan Sela

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: