Inilah, 4 Kemampuan Bayi Usia 8 Bulan Lebih yang Harus Bunda Tahu


Untuk usia bayi 8 bulan lebih, umumnya ia sudah mulai belajar berdiri. Namun, kemampuannya tersebut masih memerlukan bantuan agar dapat berdiri tegak. Seperti halnya ketika ia berdiri sendiri, pasti ada sesuatu benda yang dipegangnya, misalnya kursi atau meja. Di usianya yang belum genap 1 tahun ini pun, bayi sudah mulai ada rasa penasaran terhadap sesutu hal yang dilihatnya.

Mungkin Bunda bertanya-tanya, sebetulnya, perkembangan bayi 8 bulan bisa apa saja? Berikut ini, kami akan bahas 4 kemampuan bayi usia 8 bulan lebih:

Kemampuan Bergeraknya Lebih Aktif

Untuk bayi usia 8 bulan lebih, pada dasarnya sudah mulai bisa menggerakkan anggota badannya secara sadar. Ia pun lebih sering mengangkat tubuhnya dengan mengandalkan kekuatan otot tangan dan lutut. Gerakkan-gerakan yang dilakaukannya tersebut memiliki peranan penting dalam memperkuat otot-otot dan persendiannya sebagai fondasi untuk bisa berdiri dan berjalan.

Bayi yang berusia 8 bulan lebih, pergerakannya semakin aktif. Ia sudah mampu untuk duduk dengan menekuk lututnya, kemudian berdiri kembali. Untuk mengoptimalkan kemampuannya tersebut, Bunda bisa membantunya untuk belajar berjalan sambil memegang kedua tangannya. Stimulasi yang dilakukan tersebut, adalah sesuatu hal yang membuatnya merasa senang. Untuk itu, Bunda harus lebih sering melakukannya.

Meski si kecil  sudah pandai berjalan, disarankan untuk tidak memakai sepatu. Berdasarkan beberapa penelitian Dokter Anak Indonesia, menyebutkan bahwa bayi yang berjalan tanpa alas kaki, otot-otot kakinya bisa lebih kuat. Sentuhan kaki pada lantai yang diinjaknya akan membatu melatih keseimbangan saat ia belajar berdiri dan berjalan.

Kemampuan Merespon Kata-kata

Perkembangan bayi 8 bulan lebih sudah memiliki kemampuan merespon kata-kata yang ditujukan kepadanya. Misalkan, saat Bunda memanggil-manggil namanya, secara spontan ia akan menoleh mencari sumber suara.

Selain itu, kemampuan berbicara pun semakin pintar. Ia lebih pasih mengucapkan kata-kata yang mengandung huruf vokal, seperti kata ‘ma-ma’ dan ‘pa-pa’. Bahkan, ia sudah mulai paham dan mengerti ketika Bunda mengatakan “Mana ‘ma-ma’, Mana ‘pa-pa’”, ia akan menunjuk atau merangkul ke arah yang dimaksudnya, itulah ‘Mama’ dan itulah ‘Papa’.

Untuk merangsang kemampuannya tersebut, sesekali Bunda harus mengajaknya berkomunikasi sambil bermain. Latih kemampuan bicaranya, yaitu dengan mengulang-ulang nama-nama anggota tubuh di sekitar kepalanya, seperti “Hidung, Mata, Dagu, dan Mulut”. 

Kemampuan Sosial

Perilaku bayi usia 8 bulan, sedang lucu-lucunya, bukan? Kemampuan sosialnya semakin berkembang. Ia dapat meniru perilaku orang dewasa baik dari gerakkan ataupun kata-katanya.

Indra penglihatan dan pendengarannya yang sudah responsif, membuatnya mampu berintekrasi dengan orang yang ada di sekitarnya. Meski begitu, ia lebih sering takut pada sesuatu hal yang baru atau masih asing ketika melihatnya. Itu biasa terjadi pada bayi di usianya tersebut.

Kemampuan Lain-lain yang Bisa Dilakukan Bayi 8 Bulan

Ia semakin aktif bergerak, mengandalkan kekuatan otot tangannya untuk merobek, memukul, meremas, menjatuhkan, dan membanting. Selain itu, ia pun sudah bisa menunjukkan ekspresinya sendiri ketika ia sedih, takut, lapar, dan kantuk. Hal ini biasanya ia tunjukkan dengan caranya sendiri, yaitu dengan menangis.

Kemampuan lain dari tahapan perkembangan bayi 8 bulan lebih ini, ia sudah mampu memasukkan makanan ke mulut dengan benar. Meskipun pada akhirnya masih tetap belepotan. 

Saat si kecil  memasuki masa perkembangan sesuai usianya, sebagaimana yang kami jelaskan di atas, sebaiknya Bunda lebih memerhatikan dengan seksama. Apakah makanan yang dikonsumsinya sehat atau tidak? Apakah benda yang dimainkannya aman atau tidak? Apakah tempat  bermainnya sudah benar-benar steril dari benda-benda tajam atau tidak? Intinya, Bunda harus selalu mendampingi si kecil , apapun yang ia lakukan.

Comments