-->

Cari Tahu di Sini, Seperti Apa Perkembangan Bayi 8 Bulan dalam Kandungan?


Pada usia kandungan 8 bulan ini, perut Bunda semakin terlihat besar dan menonjol. Rasanya tidak akan lagi menemukan posisi duduk atau tidur yang nyaman setiap harinya. Perubahan fisik Bunda pun semakin terlihat jelas, seperti halnya kaki mulai mengalami pembengkakkan dan suhu tubuh terus meningkat. Meski begitu, risiko ini sudah seharusnya Bunda terima dengan lapang dada.

Perkembangan bayi 8 bulan dalam kandungan bisa dikatakan sebagai tahapan akhir untuk persiapan janin lahir ke dunia. Posisinya setiap hari mengalami perubahan, sampai janin siap pada posisi terbaiknya di usia 9 bulan. Sudah waktunya, di usia kandungan 8 bulan, Bunda memeriksakan kesehatan janin secara rutin setiap dua minggu sekali. Hal ini dilakukan, tidak lain untuk memastikan proses persalinannya nanti berjalan dengan normal.

Perkembangan Bayi 8 Bulan dalam Kandungan

Bunda harus mengetahui perkembangan apa saja yang dialaminya selama masa kehamilan sampai usia terakhir menjelang proses persalinan. 

Pada pembahasan kali ini, kami akan menjabarkan beberapa perubahan atau perkembangan bayi 8 bulan dalam kandungan. Yuk, simak ulasannya di bawah ini:

  • Di usia kehamilan 8 bulan, bayi di dalam kandungan sudah sangat aktif melakukan gerakkan-gerakkan. Besar dan kecilnya kekuatan gerakkan janin, dikarenakan tingkat emosional ibu hamil sendiri yang kurang stabil. Janin akan terus bergerak dan akan berhenti ketika perasaan ibu hamil sudah tenang. Seakan-akan ibu hamil dan janin memiliki ikatan batin yang tidak bisa dirasakan oleh orang lain disekitarnya.

  • Di usia sebelumnya, otak janin sudah terbentuk dengan sempurna. Saat usia kandungan 8 bulan, otak janin pun sudah bisa berfungsi dengan baik. Untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan otak janin, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat yang bergizi atau mengonsumsi beberapa jenis suplemen sesuai anjuran dokter.

  • Pada kondisi janin yang sehat, indra penglihatan, penciuman, pendengaran, dan perasa, sudah mulai berfungsi dengan baik.

  • Umumnya janin akan lebih aktif di siang ataupun malam hari. Pergerakan yang dilakukannya, tidak lain untuk mencari posisi yang nyaman menjelang kelahirannya di bulan yang akan datang. Dalam sehari semalam, janin bergerak sebanyak 375 kali. Mungkin, hanya 10 kali gerakkan yang dirasakan ibu hamil setiap harinya.

  • Perkembangan bayi 8 bulan dalam kandungan, semua organ tubuhnya sudah terbentuk dengan sempurna. 

  • Janin di usia 8 bulan lebih, posisinya sudah berada di atas panggul dan saat usia kandungan 9 bulan, kepala janin sudah masuk ke dalam panggul. Posisi ini dikenal dengan sebutan Cephalic.

  • Perkembangan organ dalam, pada tubuh janin, seperti paru-paru sudah terbentuk sempurna meskipun tahapan pematangannya masih menunggu usia janin 9 bulan.

  • Tali ari-ari (Plasenta) sudah matang sempurna. Plasenta tersebut dibungkus dengan cairan glatin. Fungsi cairan ini, yaitu sebagai pelumas. Apabila terjadi pergerakan, janin tidak akan terbelit dengan tali ari-arinya sendiri.

  • Berat tubuh janin kurang lebih 1,8 kg dan panjangnya sekitar 45-50 cm. Ukuran janin yang lumayan panjang saat berada di dalam rahim, adalah hal yang wajar jika janin merasa tidak nyaman. 

  • Ketersediaan cairan ketuban sudah  maksimal. Meski begitu, cairan ketuban ini akan mengalami pengurangan, seiring usia kandungan yang lebih matang untuk menuju proses persalinan secara normal.

Sebetulnya masih banyak lagi perubahan dan perkembangan bayi 8 bulan dalam kandungan. Akan kami bahas dalam artikel lainnya. Intinya, Bunda harus mengetahui tahapan perkembangan janin dari usia 1 bulan hingga 9 bulan

Author

Bidan sela perkembangan bayi

Bidan Sela

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: