-->

Cek Yuk Bunda, 5 Perkembangan Janin Usia 6 Bulan Yang Menarik


Meskipun telah mendekati sempurna, pada usia kandungan 6 bulan janin akan terus berkembang. Tidak hanya panjang dan berat badan janin saja. Lebih dari itu, seluruh aspek dalam tubuh janin pun ikut berkembang dan terus mengalami penyempurnaan. Bagi Bunda, perkembangan ini tentu menarik. Oleh karena itu, yuk cek 5 perkembangan bayi usia 6 bulan dalam kandungan:

1. Janin Mampu Berinteraksi 

Sesakali Bunda tentu pernah merasakan gerakan-gerakan janin di dalam kandungan. Sebenarnya, gerakan aktif bayi ini memang telah terjadi sejak usia kandungan 5 bulan. Namun bedanya, pada usia 6 bulan gerakan bayi dalam kandungan telah semakin sempurna. Pada tahap ini, janin bahkan mampu menunjukkan gerakan untuk merespon interaksi di luar kandungan. Baik itu berupa sentuhan, suara, atau sekedar bunyi musik yang halus.

Pada janin usia 6 bulan, sensitifitas indera penglihatan janin juga mulai bertambah. Janin telah mampu memberikan rangsangan berupa gerakan halus atau tendangan jika merasakan adanya cahaya diluar kandungan. Jika penasaran, hal ini bisa Bunda buktikan dengan cara memberikan sorotan sinar ke arah perut. Boleh menggunakan senter, atau sinar lainnya.

2. Kulit dan Kuku Janin Semakin Menebal 

Di usia 6 bulan, kulit dan kuku janin juga mengalami perkembangan. Jika di usia 5 bulan kulit janin masih transparan, di usia ini kulit janin sudah mulai menebal. Secara keseluruhan, perkembangan kulit ini memang belum terlalu sempurna. Hanya saja, bentuk kulit telah menyerupai kulit orang dewasa.  Yaitu kulit yang sebelumnya keriput telah berubah menjadi halus.

Adapun dengan kuku janin, di usia 6 bulan ini kuku juga mulai menebal. Jari tangan pun mulai terbentuk dengan baik, dan janin telah memiliki lengan. Sidik jari yang sebelumnya telah terbentuk di usia kandungan 5 bulan, juga semakin disempurnakan lagi pada tahap ini. 

3. Organ Vital Janin Mulai Terbentuk Sempurna 

Pada tahap ini, organ vital bayi dalam kandungan mulai terbentuk sempurna. Mulai dari jantung janin, paru-paru, hingga sistem pencernaannya. Pertama, untuk jantung. Pada usia kandungan 6 bulan ini, janin akan mengalami pelambatan detak jantung yaitu sekitar 140 denyutan setiap menit. 

Kedua, paru-paru. Dalam hal ini, perkembangan paru-paru pun cukup menarik. Meskipun masih dalam tahap penyempurnaan, paru-paru telah mampu menghasilkan Surfactant. Yaitu sebuah cairan yang berfungsi untuk mencegah adanya pelengketan antara paru-paru satu dengan paru-paru lainnya. 
Adapun untuk sistem pencernaannya, di usia 6 bulan juga telah berfungsi. Terbukti, secara bertahap, janin akan membuang urine dalam kantung ketuban.

4. Kepala Janin Telah Normal 

Lain dengan organ yang masih terus mengalami penyempurnaan, di usia 6 bulan kepala janin telah menyerupai janin yang siap lahir. Dibandingkan dengan sebelumnya, pada tahap ini, otak pun telah mengalami perkembangan yang pesat. Bahkan para ahli kebidanan percaya, janin 6 bulan juga telah memiliki kemampuan bermimpi saat tidur. 

5. Kelopak Mata Sudah Mampu Membuka dan Menutup 

Barangkali belum banyak yang tahu, jika janin usia 6 bulan telah mampu membuka dan menutup kelopak matanya. Perkembangan ini, juga diikuti tumbuhnya bulu mata pada kelopak janin, tumbuhnya rambut, serta perkembangan penyempurnaan organ janin lainnya. Pada tahap ini, umumnya bayi dalam kandungan telah memiliki berat 1 kg dan panjang kira-kira 38 cm.

Bagaimana sudah tahu, apa saja perkembangan bayi usia 6 bulan dalam kandungan? Nah, untuk membantu penyempurnaan semua aspek dalam tubuh janin, Bunda juga perlu memperhatikan nutrisi serta kesehatannya ya. 

Author

Bidan sela perkembangan bayi

Bidan Sela

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: