-->

Tahap Perkembangan Bayi 8 Bulan Dalam Kandungan Setiap Minggu, Yakin Bunda Susah Tahu?


Meskipun telah mendekati masa persalinan, janin di usia 8 bulan tetap mengalami perkembangan. Karena itu, pemantauan perkembangan bayi tetap perlu dilakukan. Salah satunya yaitu untuk memastikan kondisi perkembangan bayi dalam keadaan normal dan juga sehat. Langsung saja, berikut perkembangan bayi 8 bulan dalam kandungan setiap minggunya:

Janin pada Minggu Ke-33

Pada minggu pertama di usia kandungan 8 bulan, janin tidak hanya mengalami satu atau dua perkembangan saja. Namun ada banyak perkembangan yang mencakup semua aspek pada tubuh janin. Baik itu, berat badan, bertambahnya ukuran panjang bayi, serta perkembangan organ lainnya. 

Pada tahap ini, panjang bayi dalam kandungan sekitar 43 cm, dengan berat sekitar 1,8 hingga 2 kg. Sedangkan perkembangan dalam hal lain, di minggu ini, pupil mata sudah mulai bekerja, yaitu mampu mengecil serta membesar ketika terkena rangsangan cahaya silau dari luar. 

Bagian-bagian otak mulai berkembang diikuti dengan penyempurnaan indera pendengaran dan penglihatan janin agar semakin baik, kuku jari tangan dan kaki mulai menutup jari secara sempurna, dan janin juga mulai memutar posisi tubuhnya. Yaitu, posisi kepala berada dibagian bawah rahim.

Janin pada Minggu ke-34

Di minggu selanjutnya, panjang bayi dalam kandungan berubah menjadi 45 cm, dengan berat mencapai 2,2 kg. Janin juga mengalami pertambahan lemak pada lapisan kulit bawah, yang membuat warna kulit janin berubah menjadi semakin merah. Pertambahan lemak ini juga berefek pada kondisi permukaan kulit janin yang semakin halus, dan mulai mengencang. 

Selain itu, perkembangan seluruh tulang pada janin 8 bulan di minggu ke-34 ini juga telah mencapai tahap nyaris sempurna. Tulang telah mengeras dan telah memiliki kandungan mulai dari fosfor, kalsium, hingga zat besi. Hanya saja, meskipun termasuk tulang, pada tahap ini tempurung kepala belum mencapai tahapan sempurna tersebut.

Janin di Minggu ke-35

Ukuran panjang janin mengalami penambahan satu cm lagi, yaitu 46 cm, sedangkan berat janin sekitar 2,4 kg. Pada minggu ke-35 ini, proporsi tubuh bayi dalam kandungan telah sama dengan bayi saat dilahirkan. Kuku sudah terbentuk sempurna, bahkan panjangnya semakin bertambah. Sayangnya, seiring aktifnya pergerakan janin, tak jarang panjang kuku ini bisa melukai tubuh janin dalam kandungan.

Adapun perkembangan lain juga terjadi untuk organ janin. Di minggu ini ginjal kecil sudah terbentuk. Bahkan organ hati janin mulai berfungsi. Perkembangan nyaris mencapai sempurna sempurna, meskipun tidak seperti tulang-tulang lain, sambungan lempeng tulang tengkorak masih dalam tahap penyempurnaan. 

Janin di Minggu ke-36

Di minggu terakhir usia kandungan 8 bulan ini, panjang janin menjadi sekitar 47 cm dengan berat 2,7 kg. Bisa dibilang, perkembangan bayi 8 bulan dalam kandungan ini nyaris mencapai tahap sempurna. Tulang dan tubuhnya semakin membesar, organ jantung janin semakin baik, dan mulut serta saluran pencernaan janin juga telah siap. Pada tahap ini, jika jenis kelamin janin laki-laki, maka testis juga sudah mulai menurun. 

Indera pendengaran yang sebelumnya belum berfungsi sempurna, kini telah semakin baik. Karena itu, di tahap ini bayi dapat mendengarkan suara-suara dari luar perut dengan lebih jelas. Misalnya suara perut lapar, atau suara detak jantung Bunda.

Demikian informasi mengenai perkembangan bayi 8 bulan dalam kandungan. Karena masih terus mengalami penyempurnaan, selain menjaga kesehatan asupan nutrisi janin juga perlu diperhatikan. Selain itu, Bunda juga sangat disarankan untuk melakukan pengecekan kandungan secara rutin. Khususnya untuk memantau posisi tubuh bayi.

Author

Bidan sela perkembangan bayi

Bidan Sela

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: