-->

Setiap Minggu Perkembangan Janin 2 Bulan Sampai Mana? Cek Yuk Bunda


Meskipun perut Bunda belum terlihat jelas, namun dalam kandungan janin telah mengalami perkembangan pesat. Salah satunya yaitu janin 2 bulan mulai memiliki anggota tubuh yang mulai terlihat. Tidak hanya itu, pada minggu-minggu di usia kandungan 2 bulan, janin juga mengalami perkembangan lain. Lebih jelasnya, berikut pembahasan mengenai perkembangan bayi 2 bulan dalam kandungan berikut ini.

Perkembangan Janin pada Minggu ke-8

Di minggu pertama pada usia kandungan 2 bulan ini, ekor pada embrio yang dimiliki calon buah hati mulai menghilang. Pada tahap inilah, calon bayi bukan lagi disebut embrio namun sudah dinamakan sebagai janin. Adapun perkembangan awal yang terjadi pada janin pada minggu ke-8 ini yaitu wajah yang mulai terbentuk. 

Mulai terlihat hidung dan kelopak mata janin. Sudah terbentuknya daun telinga baik bagian luar maupun dalam. Juga terbentuknya tungkai dan tulang rawan janin. Dan yang paling penting, plasenta janin mulai berkembang dan menempel pada dinding rahim. 

Perkembangan Janin pada Minggu ke-9

Perkembangan selanjutnya yang terjadi pada janin 2 bulan di minggu ke-9 ini, ukuran janin mulai bertambah besar kira-kira 2,5 cm atau sebesar buah anggur. Dengan bantuan USG, di minggu ini jenis kelamin janin juga sudah bisa dilihat. Hanya saja, jenis kelamin ini belum terlalu akurat, tidak seperti ketika pengecekan kelamin janin dilakukan pada minggu ke-20. 

Selain itu, bayi juga mengalami perkembangan dalam hal kepala, hidung, kulit di bagian mata, dan telinga. Perkembangan juga terjadi pada pergelangan serta jari tangan dan juga kaki. Pada tahap ini, bayi juga mulai mampu melakukan gerakan pertamanya. Hanya saja, gerakan tersebut belum bisa Anda rasakan, dan hanya bisa dilihat pada saat Anda melakukan USG.

Perkembangan Janin pada Minggu ke-10

Perkembangan bayi 2 bulan dalam kandungan di minggu ke 10 ini, organ utama tubuh janin sudah mulai terbentuk dan mengalami perkembangan. Bukan hanya organ kelamin yang mulai terlihat jelas, anggota tubuh janin seperti bibir atas, lubang hidung, rahang, serta bakal giginya juga mulai terbentuk.
Sistem otot dan syaraf janin pada minggu ke-10 ini juga telah matang. Itu sebabnya, pada tahap ini janin sudah mulai mampu melakukan gerakan. Jantung janin juga mulai berdetak. Yaitu setiap menit detakan mencapai 180 kali. 

Perkembangan Janin 2 Bulan pada Minggu ke-11

Dalam hal ukuran, di minggu ke-11 ini besar janin telah menyerupai bola golf dengan panjang sekitar 3 cm lebih. Sangat berbeda dengan minggu sebelumnya, pada tahap ini janin telah memiliki ukuran kepala yang setengah dari panjang seluruh tubuhnya. Meskipun belum sempurna, organ-organ bayi dalam kandungan juga sudah terbentuk, sehingga janin telah menyerupai manusia kecil.

Perkembangan janin juga terjadi pada jari tangan dan kakinya. Yaitu jari yang semula menempel, di minggu ke-10 ini sudah mulai terpisah dan kukunya pun mulai tumbuh. Pada tahap ini, kemampuan gerakan janin yang semula hanya bisa diketahui melalui USG saja, mulai bisa Bunda rasakan meskipun masih samar-samar. 

Perkembangan Janin pada Minggu ke-12

Semakin bertumbuh, janin di minggu ke-12 kini memiliki panjang sekitar 5 cm dengan berat 15 gram. Pada minggu ini, janin telah terbentuk sempurna. Anggota tubuh telah lengkap dengan otot serta tulang, dan telinga serta kedua mata janin juga telah berada pada tempatnya.

Organ-organ janin seperti usus, ginjal, serta sistem syaraf janin yang sebelumnya terbentuk, sudah mulai berfungsi. Adapun yang menarik dari perkembangan janin usia 2 bulan pada minggu ke-12 ini yaitu melalui alat fetal dophtone Anda sudah bisa mendengar denyut jantung janin.

Menanti kehadiran buah hati memang harap-harap cemas ya, Bunda? Setelah mengetahui tahap-tahap janin 2 bulan dan perkembangannya ini, diharapkan Bunda tetap menjaga kesehatan. Semoga lancar hingga persalinan ya.

Author

Bidan sela perkembangan bayi

Bidan Sela

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: