Bunda, Ketahui Penyebab Bayi 5 Bulan Tidak Bisa Tengkurap

  • Posted by Gilang Biantara
  • at 11:22 PM -
  • 0 comments

Bunda, Ketahui Penyebab Bayi 5 Bulan Tidak Bisa Tengkurap

Menjelang usia 6 bulan menjadi usia persiapan untuk memulai MPASI. Selain bayi mempersiapkan diri untuk belajar duduk, ada beberapa kemajuan dari perkembangan bayi 5 bulan yang perlu Bunda ketahui. Meskipun begitu, ada beberapa keterlambatan perkembangan bayi 5 bulan yang membuat bayi belum bisa tengkurap. Agar keterlambatan perkembangan bayi dapat teratasi, diperlukan stimulasi perkembangan bayi 5 bulan.
Penyebab Bayi 5 Bulan Tidak Bisa Tengkurap
sumber:https://image.freepik.com/free-photo/small-baby-lies-bed_8353-5187.jpg

Perkembangan Bayi 5 Bulan ke 6 Bulan

Di usia 5 bulan ke 6 bulan, bayi sudah mampu berguling dari posisi terlentang ke posisi tengkurap ataupun sebaliknya. Selain itu, bayi sudah mulai tertarik untuk meraih benda-benda di sekitarnya dan mampu memindahkan benda dari tangan yang satu ke tangan yang lain. beberapa bayi juga sudah mulai mampu duduk sendiri tanpa ditopang, meskipun hanya beberapa detik saja.
Kemampuan berbicara bayi juga mengalami banyak perkembangan. Bayi sudah mampu mengucapkan beberapa patah kata, seperti,” ba”, “pa”, atau “ma”. Selain itu, bayi juga sudah mampu diajak bercanda dan akan tertawa jika ada hal yang dianggap lucu.

Penyebab Bayi 5 Bulan Tidak Bisa Tengkurap

Hanya saja perkembangan bayi 5 bulan tidak sepenuhnya berjalan lancar. Ada beberapa bayi yang mengalami keterlambatan perkembangan karena beberapa hal. Salah satunya adalah bayi belum mampu tengkurap di usia 5 bulan. Untuk mengatasinya, Bunda perlu mengetahui penyebab bayi belum bisa tengkurap di usia 5 bulan.

Bayi Kurang Stimulasi

Salah satu penyebab bayi tidak bisa tengkurap adalah bayi kurang distimulasi. Penyebab ini lebih sering dikarenakan bayi lebih sering digendong ataupun bayi terlalu sering berada dalam stroller. Hal ini dikarenakan ruang gerak bayi terbatasi, sehingga bayi kurang bisa mengeksplor gerakan bayi ke kanan ataupun ke kiri.

Perkembangan Motorik Bayi Terlambat

Bayi sudah mampu tengkurap di usia 3 bulan. Hanya saja tidak semua bayi mengalami perkembangan yang seharusnya. Ada kalanya bayi mengalami keterlambatan perkembangan motorik karena otot-otot motorik bayi kurang terlatih ataupun adanya keterlambatan perkembangan motorik bayi.

Perkembangan Kognitif Bayi terlambat

Perkembangan kognitif berbanding lurus dengan perkembangan motorik bayi. Bayi yang mengalami keterlambatan kognitif, seperti tidak merespon jika diajak berkomunikasi. Hal ini akan berakibat pada kurang tanggapnya bayi terhadap stimulasi yang Bunda berikan.

Cara Mengatasi Bayi Terlambat Tengkurap

Untuk mengatasi keterlambatan perkembangan bayi 5 bulan yang belum bisa tengkurap, Bunda bisa melakukan beberapa stimulasi yang akan melatih bayi belajar tengkurap. Nah, berikut ini stimulasi latihan tengkurap yang bisa Bunda lakukan:

Lakukan Tummy Time Secara Rutin

Dengan tummy time secara rutin akan melatih bayi untuk menopang badannya dalam posisi tengkurap. Bunda bisa melakukannya selama 5 menit dan bisa dilakukan secara berulang. Lakukan tummy time dalam keadaan bayi sedang bersantai dan tidak mengantuk. Selain itu, posisikan ke posisi terlentang jika bayi sudah mulai menangis.

Berganti Posisi dalam Menyusui

Dengan tummy time secara rutin akan melatih bayi untuk menopang badannya dalam posisi tengkurap. Bunda bisa melakukannya selama 5 menit dan bisa dilakukan secara berulang. Lakukan tummy time dalam keadaan bayi sedang bersantai dan tidak mengantuk. Selain itu, posisikan ke posisi terlentang jika bayi sudah mulai menangis.
sumber:https://image.freepik.com/free-photo/naked-newborn-boy-lies-soft-blanket-before-bright-window_8353-7558.jpg
Menyusui merupakan proses memberikan nutrisi terbaik kepada bayi. Dalam posisi menyusui pun Bunda tetap bisa melatih bayi belajar tengkurap. Caranya adalah dengan menyusui berganti posisi untuk melatih keseimbangan tubuh bayi.

Menggunakan Mainan yang Menarik Bayi

Untuk melatih bayi tengkurap, Bunda bisa meletakkan mainan yang menarik agar bayi mampu berguling dengan sendirinya. Bunda juga bisa sambil berkomunikasi dengan bayi agar bayi mampu merespon apa yang Bunda latihkan kepada si kecil.

Nah, itulah perkembangan bayi 5 bulan ke 6 bulan yang bisa Bunda pantau. Meskipun beberapa bayi akan mengalami keterlambatan tengkurap, Bunda tetap bisa menstimulasi keterlambatan perkembangan untuk mengejar perkembangan bayi di bulan berikutnya.

Author

Bidan Putsel

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: