Bidan Sela Terdekat di Margaasih

Terdekat di bandung Ramah, Bersih dan Nyaman

Cara Membedakan Mana Anak Aktif dan Hiperaktif

Masih cukup banyak orang yang keliru membedakan mana anak yang aktif dan hiperaktif. Sebenarnya anak aktif dan hiperaktif memiliki perbedaan yang signifikan. Balita memiliki kebiasaan aktif seperti berlari, melompat, hingga berjalan kesana dan kemari.

Namun, apakah bunda tahu bagaimana cara membedakan aktif dan hiperaktif pada si kecil? Jika masih belum bisa membedakannya, berikut akan kami coba jelaskan di bawah ini:

1.  Anak yang Aktif Bisa Lebih Fokus

Anak yang aktif dan hiperaktif keduanya cenderung banyak bergerak. Namun salah satu yang membedakannya adalah, si kecil yang aktif bisa memfokuskan perhatian mereka pada apa yang sedang dikerjakan atau dilakukan.

Sedangkan anak hiperaktif, biasanya hanya fokus dalam beberapa saat saja. Mereka tidak memiliki fokus yang lama seperti si kecil yang aktif. Untuk mengetahuinya, bunda bisa mengajak mereka berbicara seputar topik-topik yang menarik.

Jika si kecil mendengarkannya secara seksama, maka masuk kategori aktif. Namun jika si kecil hanya mendengarkannya hanya beberapa menit saja, bisa jadi si kecil masuk kategori hiperaktif.

2.  Si Kecil yang Aktif Tidak Mudah Menangis

Menangis merupakan salah satu bentuk ekspresi anak-anak. Si kecil yang aktif umumnya hanya akan menangis saat mereka merasa sedih dan juga kesal. Akan tetapi, umumnya mereka tidak mudah menangis.

Sementara si kecil yang hiperaktif, cenderung mudah menangis karena hipersensitif. Selain itu, si kecil yang hiperaktif juga cenderung mudah terusik dan juga mudah mengeluh. Bahkan mereka umumnya suka menangis tanpa air mata sebagai bentuk sebuah rengekkan.

3.  Si Kecil yang Hiperaktif Tidak Sabaran

Sifat tidak sabaran umumnya dimiliki oleh sebagian besar anak-anak. Namun potensinya akan berkurang jika si kecil hanya masuk kategori aktif saja. Berbeda dengan anak hiperaktif yang umumnya tidak sabaran ketika menghadapi sesuatu.

Anak yang hiperaktif juga tidak bisa menunggu, mengalah, maupun bergantian dengan orang lain. Termasuk pada saat mereka melakukan aktivitas bermain.

Itulah beberapa ciri-ciri anak aktif dan hiperaktif yang ternyata sangat mudah sekali dibedakan. Sekilas keduanya memang tampak terlihat sama. Akan tetapi, ternyata memiliki perbedaan yang cukup signifikan jika kita dalami lebih mendetail.

0 Response to " Cara Membedakan Mana Anak Aktif dan Hiperaktif"

Post a Comment