Kenali Penyebab dan Cari Tahu Solusi Anak Susah Makan, Atasi Tanpa Perlu Khawatir

Kenali Penyebab dan Cari Tahu Solusi Anak Susah Makan, Atasi Tanpa Perlu Khawatir

Solusi Anak Susah Makan

Ketika anak mulai menginjak usia 1 tahun, salah satu permasalahan yang cukup umum terjadi yakni menurunnya nafsu makan. Orang tua terkadang khawatir jika anak tidak mendapatkan nutrisi yang cukup. Langkah pertama yang dapat dilakukan yaitu dengan mengetahui penyebab dan cari tahu solusi untuk anak susah makan. Kebanyakan mengkonsumsi kudapan manis bisa menjadi pemicu turunnya keinginan untuk makan makanan yang lain. Tak perlu cemas, berikut informasi seputar alasan dan solusi anak susah makan.

1. Tidak Menyukai Tekstur Makanan Tertentu

Hal-hal kecil seperti tekstur pada makanan tertentu bisa membuat anak tidak tertarik dan tidak menyukai sebuah makanan. Orang tua perlu berhati-hati dan cari solusi anak susah makan. Anda bisa menyajikan hidangan dengan berbagai macam tekstur mulai dari yang lunak hingga cukup kasar. Setelah itu biarkan anak untuk memilih mana yang lebih ia suka. Anda pun tak perlu memaksakan pilihannya.

2. Alergi Makanan

Kondisi kesehatan seperti alergi makanan dapat dikatakan cukup serius. Bahkan bisa saja orang tua tidak menyadari bahwa makanan yang dikonsumsi si kecil menimbulkan gejala alergi. Solusi anak susah makan yang bisa dilakukan yakni dengan melihat tanda alergi seperti gatal di area tubuh tertentu atau gejala sesak napas setelah mengkonsumsi makanan khusus. Jika tanda alergi tersebut dialami anak, cobalah untuk membawanya ke dokter. Tanyakan makanan apa yang tidak boleh dikonsumsi dan cari tahu solusi untuk anak susah makan.

3. Menolak Makanan Secara Tiba-tiba

Jika anak bereaksi menolak makanan yang biasa dikonsumsi secara tiba-tiba, Anda tak perlu panik. Keadaan tersebut mungkin hanya sementara. Jangan sampai salah menanggapinya, coba untuk tetap tawarkan makanan yang ditolak anak di hari berikutnya. Solusi anak susah makan yaitu dengan mencari pengganti atau alternatifnya. Bila anak tak ingin makan nasi hari ini, Anda bisa mengganti dengan karbohidrat lain seperti roti, kentang, dan sebagainya.

Anda tak perlu merasa khawatir ketika selera makan anak menurun. Beberapa penyebab dan solusi anak susah makan yang telah disebutkan tadi bisa Anda terapkan. Meski membutuhkan ketelitian dan kesabaran ekstra dalam menanganinya, Anda tetap harus memastikan asupan gizi anak tetap terpenuhi.


Posting Komentar

0 Komentar