Menu Makanan Anak 1 Tahun Berdasarkan Sumber Nutrisi, Enak dan Bergizi

Menu Makanan Anak 1 Tahun Berdasarkan Sumber Nutrisi, Enak dan Bergizi

makanan anak 1 tahun

Memasuki usia satu tahun, bayi memiliki kebiasaan untuk memasukkan apa saja ke dalam mulut. Namun, tidak sedikit yang malah pilih-pilih makanan, bahkan tidak selera untuk makan. Untuk menghindari kekurangan asupan gizi, Anda perlu pintar-pintar dalam memilih makanan anak 1 tahun.


Selain pintar-pintar memvariasikan menu makanan anak 1 tahun, Anda harus tahu apa yang disukai oleh buah hati. Anda bingung mencari inspirasi? Berikut menu makanan anak 1 tahun enak dan bergizi. 


1. Menu Berkarbohidrat


Makanan anak 1 tahun pastinya harus mengandung karbohidrat. Jenis makanan karbohidrat sangat banyak, mulai dari nasi, umbi, gandum serta biji-bijian. Jika sudah mulai bosan dengan nasi tim, Anda bisa mencoba mengolah umbi atau gandum. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kentang sebagai sumber karbohidrat untuk nutrisi si kecil. Bisa diolah menjadi sup atau dikukus dan dipotong kecil-kecil. 


2. Makanan bersumber protein hewani


Daging merah dan hati sapi biasa digunakan sebagai menu campuran MPASI. Nah, kedua bahan ini juga bisa diolah untuk menu makan anak 1 tahun. Kandungan protein hewani yang ada di dalam menu tersebut bisa mencukup kebutuhan nutrisi anak. Untuk menghindari buah hati pilih-pilih makanan, Anda juga bisa menggunakan daging ayam atau ikan untuk mencukupi kebutuhan protein. Pastikan mengolah dengan baik dan disajikan bersama karbohidrat atau protein lainnya.


3. Hidangan kaya akan protein nabati


Selain protein hewani, protein nabati juga diperlukan untuk perkembangan serta pertumbuhan anak. Menu makan anak 1 tahun yang mengandung protein nabati ini terdapat pada kacang-kacangan, tahu, dan tempe. Nah, menu ini bisa disajikan dengan cara dipotong-potong agar buah hati mudah untuk menyantapnya. 


4. Sumber vitamin, mineral dan serat


Makanan anak 1 tahun berikutnya yang bisa dikombinasikan dengan karbohidrat serta protein adalah yang mengandung vitamin, mineral serta serat. Kandungan ini bisa Anda temukan di sayur dan buah-buahan. Untuk sayuran bisa diolah bersama dengan protein atau karbohidrat. Sementara buah bisa diolah menjadi jus atau puding yang difavoritkan anak di usia tersebut. 


5. Sajian dari Produk Turunan Susu


Produk turunan susu menjadi menu yang tak boleh ketinggalan untuk melengkapi nutrisi buah hati. Bentuk olahannya beragam, seperti susu, keju, hingga yogurt. Agar anak lebih suka dan tidak susah makan, sajian dalam variasi berbeda setiap harinya. Hal tersebut juga menghindari mereka suka pilih-pilih makanan.


Posting Komentar

0 Komentar