4 Tanda Awal Kehamilan yang Sering Tidak Disadari, Apa Saja?

4 Tanda Awal Kehamilan yang Sering Tidak Disadari, Apa Saja?

Kehadiran si kecil di tengah-tengah keluarga sering tidak disadari. Bahkan ada beberapa ibu yang baru tahu jika sedang hamil ketika usia janin sudah menginjak 2 bulanan. Hal ini karena tanda awal kehamilan setiap wanita berbeda-beda. Jika umumnya ciri-ciri hamil dimulai dengan telat menstruasi, tapi ada juga tanda hamil yang tidak disadari. Apa saja sih? berikut informasi yang tereferensi dari bidan kandungan.

1. Alami menstruasi palsu

Jika biasanya tanda awal kehamilan ditandai berhenti menstruasi, tapi ada juga wanita yang malah mengalami menstruasi palsu. Setidaknya sekitar 25-40 persen wanita hamil mengalami pendarahan ringan atau bercak. Seringkali, pendarahan tersebut dikira menstruasi. Nah, menstruasi palsu ini biasa terjadi sekitar dua minggu setelah pembuahan.

2. Keluar cairan dari Miss-V

Di awal trimester pertama kehamilan, biasanya ibu hamil mengeluarkan lendir lengket berwarna putih sedikit kuning pucat. Lendir tersebut merupakan gejala yang disebabkan oleh peningkatan hormon serta aliran darah ke vagina. Namun, jika cairan yang keluar memiliki bau menyengat, berwarna kuning kehijauan serta mengakibatkan gatal, sebaiknya Anda periksa ke dokter. Pasalnya, hal tersebut bisa menjadi tanda-tanda infeksi di area vagina.

3. Rentan sakit dan tidak enak badan

Kehamilan di awal-awal, biasanya mengakibatkan kekebalan tubuh menurun. Hal tersebut pula yang mengakibatkan wanita hamil rentan terhadap sakit, apalagi batuk, pilek dan flu. Ciri-ciri hamil yang menyebabkan tidak enak badan yaitu perubahan hormon serta volume darah. Hal tersebut mengakibatkan sakit kepala hebat. Tak jarang pula yang merasakan kram hebat mirip menstruasi. Tanda awal kehamilan juga diselingi dengan pusing akibat tekanan darah rendah serta pembuluh darah membesar. 

4. Sering buang air kecil

Ciri-ciri hamil muda berikutnya yang sering tidak disadari adalah keinginan buang air kecil yang lebih sering dari biasanya. wanita positif hamil, bahkan di usia kehamilan mendekati hari persalinan juga sering buang air kecil. Hal ini dikarenakan kondisi rahim yang terus berkembang dan menekan kandung kemih. 


Posting Komentar

0 Komentar