Mendekati Hari Persalinan, Ini Gerakan Senam Ibu Hamil di Trimester Ketiga

Mendekati Hari Persalinan, Ini Gerakan Senam Ibu Hamil di Trimester Ketiga

Ibu hamil terutama yang baru pertama kali mengandung pasti mengalami kekhawatiran mendekati persalinan. Bahkan, ada yang stress takut sesuatu buruk terjadi. Untuk menghindari pikiran negatif, ada banyak cara merelaksasi diri. Salah satunya mempraktikkan senam ibu hamil di trimester ketiga. Gerakan senam ini terbilang ringan dan berfokus pada pernafasan. Nah, bagaimana cara melakukan senam ibu hamil dan seperti apa gerakannya? Yuk, intip caranya berikut ini yang sesuai dengan referensi dari bidan kandungan. 

1. Senam Kegel

Senam ibu hamil satu ini terbilang cukup populer. Hal ini karena gerakannya cukup mudah dan dapat dilakukan di mana saja. Cara melakukan senam ibu hamil ini dimulai dengan mengontraksikan otot sekitar saluran kencing dan vagina dengan gerakan seperti menahan kencing selama 3-10 detik. Nah, senam ini bisa Anda praktekkan 10 kali setiap hari dengan posisi duduk atau berdiri. Fungsinya untuk menguatkan otot punggung dan memudahkan proses lahiran. 

2. Senam Jongkok

Berikutnya ada senam jongkok yang dapat memperkuat otot sekitar panggul dan paha. Cara melakukan gerakan senam jongkok terbilang mudah. Pertama, Anda harus memulai dengan posisi berdiri tegak. Kemudian turunkan badan secara pelan hingga berada di posisi jongkok. Atur nafas secara normal di posisi tersebut selama 10 detik dan kemudian kembali ke posisi semula dengan pelan. 

3. Yoga Kupu-kupu

Berikutnya ada Yoga Kupu-kupu yang dikenal dengan pose tailor. Senam untuk ibu hamil ini bisa melatih otot paha dan mengurangi resiko sakit punggung. Caranya dimulai dengan duduk bersila dengan posisi punggung tegak. Kemudian pertemukan kedua telapak kaki di depan lalu dorong lutut hingga menyentuh lantai. Pertahankan selama 10-20 detik dalam posisi tersebut.

4. Senam dengan Yoga Ball

Berikutnya adalah senam dengan bantuan yoga ball atau gym ball. Fungsi dari senam ini agar ibu hamil bisa menjaga keseimbangan selama kehamilan. Selain itu, otot perut juga kuat dan tentunya membuat ibu hamil merasa lebih rileks. Gerakannya sendiri cukup mudah dengan diawali duduk santai di atas bola dengan posisi tegak. Kemudian membuka kedua kaki hingga selebar pinggul. Gerakan dilanjutkan dengan meluruskan tangan ke arah depan dan tahan 5 – 10 detik. Kemudian turunkan tangan sambil menghembuskan nafas. 

Posting Komentar

0 Komentar