Tips Hadapi Anak Susah Makan Nasi untuk Penuhi Kebutuhan Gizi

Tips Hadapi Anak Susah Makan Nasi untuk Penuhi Kebutuhan Gizi

Tips penuhi kebutuhan gizi anak

Permasalahan nafsu makan terkadang membuat orang tua bingung bagaimana cara untuk menghadapinya. Terutama jika anak susah makan nasi. Memaksakan sesuatu juga tak baik bagi anak. Namun, jangan sampai kehabisan akal. Tips penuhi kebutuhan gizi anak berikut bisa diterapkan dan dijadikan sebagai alternatif untuk anak susah makan nasi.

Tak perlu bingung menghadapi anak susah makan nasi, alternatif ini bisa Anda coba!

1. Memberikan Rasa pada Nasi

Membangkitkan selera makan anak bisa dengan memberikan sedikit rasa pada nasi yang biasanya Anda masak. Agar rasanya tidak hambar, Anda bisa gunakan kaldu ayam atau bahan-bahan seperti bawang goreng dan kacang-kacangan lainnya untuk menambah rasa gurih. Selain itu, masalah nasi dengan tampilan yang menarik si kecil dengan menggunakan warna alami seperti nasi kuning atau memakai beras merah.

Tips penuhi kebutuhan gizi anak

2. Mengganti dengan Sumber Karbohidrat Lainnya

Jika menambahkan rasa pada nasi belum bisa membangkitkan selera makan anak, Anda bisa kenalkan sumber karbohidrat lainnya sebagai alternatif untuk anak susah makan nasi. Bahan seperti kentang, oatmeal, jagung, umbi-umbian, roti, dan pasta juga bisa digunakan. Anda tak perlu takut nutrisi anak tidak terpenuhi, karena bahan-bahan tersebut memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan memberikan energi yang tak kalah dengan nasi.

3. Kreasikan Masakan

Orang tua yang memiliki anak susah makan nasi, tak boleh kehabisan akal untuk membangkitkan selera makannya. Anda dapat mengkreasikan makanan sesuai dengan keinginan anak. Alternatif untuk anak susah makan nasi yakni mulai dari cara penyajiannya. Bentuk nasi yang unik seperti onigiri, bento, atau menggunakan cetakan lainnya membuat anak semakin tertarik. 

Jika masih tidak suka nasi, bisa gunakan sumber karbohidrat lain seperti yang telah disebutkan tadi. Siapkan juga kudapan yang tinggi kalori. Cemilan yang terbuat dari selai kacang, jagung, dan buah-buahan membuat asupan kalorinya tetap tercukupi.  

Kini Anda tak perlu kebingungan lagi mencari solusi jika anak susah makan nasi. Sejumlah alternatif untuk anak susah makan nasi tadi bisa langsung diterapkan. Pastikan juga untuk menjaga kebutuhan nutrisi si kecil agar selalu terpenuhi.

Posting Komentar

0 Komentar