Tips yang Wajib Diperhatikan Oleh Ibu Hamil

Tips yang Wajib Diperhatikan Oleh Ibu Hamil

Ibu Hamil

Masa kehamilan adalah masa di mana mom harus mulai memperhatikan banyak hal. Terutama kesehatan. Nah, di sini, akan dijelaskan beberapa tips penting yang wajib diketahui oleh ibu hamil. Ingin tahu apa saja? Yuk, langsung intip penjelasan lengkapnya di bawah ini:

1. Menghindari Kafein dan Alkohol

Kedua hal ini wajib dihindari oleh mom yang sedang dalam masa kehamilan. Alkohol dan kafein dapat memengaruhi kesehatan mom dan juga janin yang ada di dalam kandungan. Selain itu, hindari juga minuman bersoda. Hal tersebut dapat memengaruhi pertumbuhan bayi yang ada di dalam kandungan.

Ibu Hamil

2. Menyelaraskan Asupan Gizi

Pastikan mom memenuhi kebutuhan asupan protein, vitamin, zat besi, hingga asam folat. Masa-masa kehamilan adalah waktu yang paling tepat untuk mom yang ingin melakukan perubahan pola makan. Selain bagus untuk kesehatan ibu hamil, juga bagus untuk si kecil yang ada dalam kandungan.

3. Mengonsumsi Suplemen Pada  Masa Kehamilan

Ada banyak sekali suplemen yang bisa mom konsumsi pada masa-masa kehamilan. Suplemen bagus untuk memenuhi semua asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Suplemen tersebut seperti vitamin, mineral, dan beberapa jenis kandungan nutrisi lain yang bagus untuk kesehatan tubuh.

4. Menaikan Berat Badan Secara Bertahap

Mom bisa menaikan berat badan secara bertahap pada masa kehamilan. Namun, sebaiknya menaikan berat badan pada masa kehamilan harus dipantau oleh dokter. Artinya, mom harus rutin memeriksakan diri ke dokter kandungan sedang hamil. Selain itu, tren kenaikan berat badan juga akan berbeda terutama untuk bayi kembar.

5. Mengatasi Rasa Lelah

Ketika sedang hamil, mom tidak boleh memaksakan diri terlalu keras dalam bekerja. Karena, pada saat hamil, hormone progesterone  akan mengalami peningkatan dan menimbulkan rasa lelah. Maka dari itulah, mom harus tetap nyaman setiap hari dan jangan terlalu lelah.

6. Mengatur Stres

Stres pada masa kehamilan tidak baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Hal ini bisa berakibat fatal. Maka dari itu, usahakanlah untuk mengatur stres semaksimal mungkin. Selain itu, jangan lupa berolahraga dan meditasi.

Nah, itulah 6 hal penting yang wajib diketahui oleh ibu hamil. Silahkan aplikasikan ke—6 tips di atas untuk membantu persalinan normal dan sesuai harapan.

Posting Komentar

0 Komentar