Berbagai Pantangan yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

Berbagai Pantangan yang Harus Diketahui Oleh Ibu Hamil

Ibu Hamil

Kehamilan merupakan suatu momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan yang sudah menikah. Jika mom saat ini sedang hamil, pastikan menjaganya dengan baik, ya. Salah satu cara menjaga kandungan adalah dengan mengetahui pantangan ibu hamil yang sudah dirangkum sebagai berikut:

1. Jangan Merokok dan Meminum Alkohol

Mom harus tahu, bahwa kedua hal ini dapat berpengaruh terhadap perkembangan janin di dalam kandungan. Bahkan, kedua hal ini sangat berbahaya sekali untuk kandungan. Jika ingin bayi lahir sehat, dan persalinan sesuai harapan, sebaiknya stop mengonsumsi alkohol dan rokok.

Ibu Hamil

2. Jangan Melakukan Olahraga dan Aktivitas Berat

Olahraga diperbolehkan untuk setiap ibu yang sedang hamil. Namun, tetap memperhatikan jenis olahraga yang dipilih. Pastikan mom memilih olahraga yang ringan, atau jenis olahraga yang memang direkomendasikan untuk ibu yang sedang hamil. Usahakan untuk tidak memilih olahraga dan aktivitas yang berat terlebih dahulu.

3. Jangan Stres Berlebihan

Tidak sedikit ibu yang sedang hamil masih melakukan aktivitas pekerjaan. Jika mom salah satunya, jangan biarkan aktivitas pekerjaan memengaruhi pikiran, hingga menyebabkan stres. Karena, stres bisa berbahaya untuk kandungan. Ketika ibu yang hamil stres, maka asupan nutrisi dan oksigennya terganggu.

4. Jangan Makan Terburu Buru

Usahakan untuk mengonsumsi makanan secara perlahan. Nikmati makanan yang mom konsumsi. Jangan sampai makan terburu-buru karena tidak bagus untuk kesehatan. Karena, ibu yang sedang hamil sering mengalami perut yang dipenuhi gas akibat perubahan hormon. Sebaiknya makanlah dengan porsi sedikit.

5. Jangan Minum Obat Tanpa Resep Dokter

Jika mom sedang tidak enak badan, atau sedang sakit pada masa kehamilan, usahakan agar tidak memilih jenis obat sembarangan. Sebaiknya, periksakan diri ke dokter terlebih dahulu. Kemudian, konsumsilah obat yang diterima dari dokter. Jangan sembarangan memilih obat untuk dikonsumsi tanpa resep dokter.

6. Menghindari Beberapa Jenis Makanan

Selama kehamilan, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari atau dikonsumsi dalam jumlah terbatas karena dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin. Berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat hamil:

1. Alkohol: Konsumsi alkohol dapat menyebabkan cacat pada janin, termasuk gangguan pertumbuhan, gangguan perkembangan otak, dan kelainan wajah.

2. Merokok dan paparan asap rokok: Merokok dan paparan asap rokok dapat menyebabkan kelahiran prematur, berat bayi lahir rendah, dan masalah kesehatan lainnya pada bayi.

3. Makanan mentah atau setengah matang: Makanan mentah atau setengah matang seperti sushi, sashimi, daging yang belum dimasak sepenuhnya, dan telur mentah dapat menyebabkan infeksi bakteri seperti Listeria dan Salmonella.

4. Ikan dengan kadar merkuri tinggi: Beberapa jenis ikan seperti hiu, tuna, dan swordfish mengandung kadar merkuri yang tinggi dan dapat membahayakan janin.

5. Produk susu mentah atau tidak dipasteurisasi: Produk susu mentah seperti keju atau yogurt dapat mengandung bakteri yang berbahaya bagi janin.

6. Makanan yang mengandung banyak kafein: Konsumsi kafein dalam jumlah berlebihan dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur dan berat bayi lahir rendah.

7. Makanan olahan atau makanan cepat saji: Makanan olahan atau makanan cepat saji dapat mengandung banyak garam, gula, dan lemak yang tidak sehat dan dapat menyebabkan masalah kesehatan pada ibu dan janin.

8. Makanan yang mengandung bahan tambahan kimia: Hindari makanan yang mengandung bahan tambahan kimia seperti pengawet, pewarna, dan perasa buatan yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Selalu konsultasikan dengan dokter kandungan untuk mendapatkan rekomendasi mengenai jenis makanan yang aman dan sehat untuk dikonsumsi selama kehamilan.

Nah, itulah beberapa pantangan yang wajib diketahui oleh setiap ibu hamil. Selain itu, jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi.

Posting Komentar

0 Komentar