Perkembangan Janin Usia 3 Bulan

Janin 3 bulan

Pada saat usia kehamilan menginjak bulan ketiga menjadi momen yang sangat penting baik bagi ibu hamil maupun janin yang ada di dalam kandungannya. Embrio yang ada di dalam rahim pada wanita hamil saat berusia 3 bulan sudah bisa dikatakan sebagai janin. Hal tersebut dikarenakan pertumbuhan dan perkembangan organ di dalamnya sudah terlihat hampir cukup sempurna. Pada saat usia janin 3 bulan semua ibu perlu mengetahui hal apa saja yang dialami oleh sang buah hati didalam rahim serta perubahan apa yang akan terjadi pada tubuh ibu sendiri.

Pada saat janin 3 bulan mereka setelah melalui proses perkembangan 1 sampai 1,5 inci. Bagian ekor pada embrio saat usia tersebut juga mulai hilang. Kaki dan jari janin juga akan terlihat tumbuh lebih panjang sedangkan plasenta melekat pada dinding rahim yang berfungsi untuk menyerap nutrisi dari aliran darah. Tali pusat yang menghubungkan perut janin ke plasenta akan membawa oksigen dan nutrisi serta membuang kotoran dari janin tersebut.

Janin 3 bulan

Selain perkembangan dan pertumbuhan janin yang akan terlihat cukup signifikan, pada usia janin 3 bulan ibu juga akan merasakan beberapa macam perubahan diantaranya adalah gejala kehamilan dari 2 bulan pertama akan terus berlanjut bahkan cenderung memburuk pada bulan berikutnya terutama untuk gejala mual. Hal tersebut tidak usah menjadi salah satu kekhawatiran bagi semua ibu karena menjadi salah satu hal biasa yang sering dirasakan oleh setiap ibu hamil. 

Payudara ibu juga akan terus berubah dan tubuh terlihat dari area puting atau areola tumbuh menjadi lebih besar dan memiliki warna yang lebih gelap. Apabila ibu memiliki masalah jerawat selama masa kehamilan tidak boleh terkejut apabila masyarakat tersebut terlihat semakin parah pada usia janin  menginjak 3 bulan keputihan juga bisa menjadi salah satu masalah yang akan tetap dialami karena terjadinya peningkatan kadar esterogen dan pelebaran serviks serta dinding vagina yang menyebabkan timbulnya lendir putih dari vagina. 

Hal tersebut berfungsi agar tidak ada infeksi yang masuk ke dalam rahim. Apabila ibu juga mengalami kram atau nyeri kaki pada malam hari tidak usah merasa khawatir karena hal tersebut juga menjadi hal biasa yang sering dialami oleh ibu hamil pada bulan ketiga.

Comments