Hal-hal yang Perlu Diketahui Saat Janin Berusia 3 Bulan

Janin 3 bulan

Dari waktu ke waktu perkembangan janin di dalam rahim akan membuat ibu semakin terkejut. Pada saat usia janin 3 bulan salah satu contohnya ia akan tumbuh semakin membesar seiring dengan kondisi perut ibu yang juga semakin terlihat besar. 

Berbagai macam gejala selama masa kehamilan mungkin akan dirasakan oleh ibu akan tetapi hal tersebut juga tentunya akan membuat ibu bahagia karena janin yang ada di dalam kandungan terus berkembang dengan sehat agar semua perkembangan pada sang janin diketahui dengan sangat baik maka alangkah baiknya ibu perlu memeriksakan secara rutin selama masa kehamilan tersebut.

Pada saat usia janin 3 bulan atau tepatnya berusia 13 minggu berat janin bisa sekitar 25 sampai 30 gram dengan panjang sekitar kurang lebih 7 cm. Pada saat usia tersebut ovarium atau testis janin juga akan berkembang cukup pesat. 

Janin 3 bulan

Organ kelamin luar dari sang buah hati kita juga mulai terbentuk meskipun belum nampak ketika kita memeriksakannya melalui usg. Menginjak usia kehamilan 14 minggu janin akan tumbuh sebesar buah lemon dengan berat 43 sampai 45 gram dan panjang sekitar 8 sampai 9 cm. 

Pada saat usia ini janin juga sudah memberikan berbagai macam ekspresi mulai dari mengerutkan kening menghisap jempol, menyipitkan matanya hingga meringis. Ekspresi wajah janin yang diberikan tergantung dari perubahan sistem saraf otak mereka. 

Perlu ibu ketahui juga ketika usia janin 3 bulan organ liver juga sudah mulai memproduksi cairan empedu sementara organ limpa nya sudah bisa memproduksi sel darah merah. Pada usia ini sistem kerangka janin juga akan terus berkembang di mana otot-ototnya juga akan semakin terbentuk secara sempurna. 

Sehingga ibu juga tidak boleh merasa terkejut apabila di dalam perut sudah mulai terasa beberapa pergerakan yang cukup intens. Sang buah hati juga sudah mulai bisa mendengar suara organ tubuh ibu seperti detak jantung, sistem pencernaan hingga suara ibu sendiri. 

Apabila ibu mengalami beberapa macam gejala aneh segera konsultasikan ke dokter ahli kandungan maupun bidan sehingga bisa menemukan solusi dari segala permasalahan yang dihadapi.

Comments