Kehamilan Bulan Ketujuh: Kondisi Janin dan Gejala yang Sering Muncul

janin 7 bulan

Dalam setiap masa kehamilan, perkembangan calon buah hati merupakan hal yang selalu diperhatikan. Oleh karena itu, Bunda akan sering melakukan check-up ke dokter untuk memantau kesehatan Bunda dan calon buah hati sejak awal kehamilan. Memasuki usia kehamilan 7 bulan, Bunda akan mengalami beberapa gejala yang menandakan semakin dekatnya waktu pertemuan dengan calon buah hati tercinta.

Inilah Kondisi Ibu dan Perkembangan Janinnya pada Kehamilan 7 Bulan

Seorang wanita biasa mengandung calon buah hati selama 40 minggu atau kurang lebih 9 bulan. Waktu kehamilan tersebut dapat bervariasi untuk setiap Ibu hamil. Memasuki trimester ketiga, yaitu usia kehamilan 7 bulan, merupakan tanda akhir penantian masa kelahiran. Lalu apa saja yang terjadi pada ibu dan janin 7 bulan? Berikut penjelasannya.

janin 7 bulan

1. Kehamilan Minggu ke-29

Pada usia kehamilan minggu ke-29 berat bayi terus bertambah sekitar 1,3 kg dan panjangnya mencapai 38 cm. Pada usia ini Bunda akan merasakan gerakan tendangan bayi yang semakin kencang yang menunjukkan beberapa perkembangan penting seperti paru-paru. Saluran pencernaan, otak, kepala, serta tulang bayi. Pada bayi laki-laki, testikel pada alat kelaminnya akan mulai muncul, serta klitoris pada bayi perempuan juga akan Nampak.

2. Kehamilan Minggu ke-30

Pada minggu ini Bunda mungkin akan mengalami kesulitan tidur karena posisi yang kurang nyaman. Panjang bayi telah mencapai 40 cm dan beratnya sekitar 1,4 kg sehingga perut Bunda akan terus membesar. Hal tersebut menunjukkan beberapa perkembangan janin antara lain mata yang sudah mampu membedakan suasana gelap dan terang, paru-paru dan saluran pencernaan hampir sempurna, serta calon buah hati Bunda telah memiliki alis dan bulu mata.

3. Kehamilan Minggu ke-31

Panjang dan berat janin akan terus berkembang disertai dengan kemampuan kognitifnya seperti menghisap jempol dan mengerutkan kening. Kepala janin akan semakin proporsional dengan bentuk tubuhnya, pergerakan semakin stabil, mampu mengeluarkan urine, serta sumsum tulang memproduksi sel darah merah.

4. Kehamilan Minggu ke-32

Posisi kepala Janin 7 bulan akan mulai berada di bawah sebagai persiapan kelahiran. Kulit janin akan semakin halus, matanya mampu fokus pada suatu objek, kuku janin mulai terbentuk, hingga paru-paru yang terus berkembang. Pada minggu ini kadar cairan ketuban Bunda akan semakin meningkat lho. 

Nah, itulah kondisi janin 7 bulan dan beberapa gejala yang mungkin akan bunda alami. Pada tahap ini, persiapkan hati untuk segera bertemu dengan buah hati. Selalu jaga pola makan dan kesehatan agar kondisi Bunda tetap baik hingga masa melahirkan tiba.

Comments