Inilah Bentuk Perkembangan Janin pada usia 7 Bulan

janin 7 bulan

Selama masa kehamilan, memeriksa dan melihat perkembangan si kecil pastinya membuat jantung Bunda makin deg-degan karena tidak sabar menanti si kecil lahir. Sampai pada trimester akhir kehamilan, kandungan janin 7 bulan Bunda sudah mulai berkembang sempurna dan berat si kecil meningkat drastis. Si kecil juga sudah bisa merespons cahaya dan rangsangan. 

Ketika usia janin 7 bulan, si kecil bisa berbobot lebih dari satu kilogram dan panjang sekitar 38-39 cm. Dia juga semakin aktif sehingga Bunda dapat menyadari setiap pergerakannya. Pergerakan ini bermanfaat untuk mendeteksi kesehatan si kecil selama dalam kandungan lho, Bun.  Pada fase ini, Bunda mungkin akan mulai merasakan sesak nafas karena kandungan bertambah besar. Namun, tidak perlu khawatir karena kondisi ini akan mereda ketika si kecil sudah berubah posisi untuk menanti kelahiran.

janin 7 bulan

Ketika memasuki trimester akhir kehamilan, kebutuhan nutrisi si kecil mencapai puncaknya. Hal ini berkaitan dengan perkembangan otak serta sistem internalnya. Lalu, bagaimana sebenarnya perkembangan janin 7 bulan dimulai? Berikut ini beberapa hal yang perlu Bunda ketahui.

1. Berat badan si kecil meningkat secara signifikan

Pada tahap ini berat bayi mencapai 900-1800 gram dan panjang sekitar 38 cm. Pada kondisi ini, Bunda mungkin akan mengalami kesulitan dalam mencari posisi tidur yang nyaman, karena kandungan semakin membesar.

2. Si kecil sudah bisa mendengar

Ketika janin memasuki usia tujuh bulan, pendengarannya sudah berkembang sempurna. Dia sudah bisa merespon rangsangan, suara, rasa sakit, dan cahaya. Dia juga akan sering berganti posisi untuk merespon. Ada baiknya Bunda lebih intens berkomunikasi dengan si kecil serta mendengarkan musik yang menenangkan. Pada saat ini si kecil juga mulai aktif bergerak dan sering menendang. Si kecil juga sudah bisa membuka dan menutup matanya bahkan menangis sebagai bentuk respons atas apa yang dirasakannya.

3. Sistem saraf pusat telah berkembang sepenuhnya

Memasuki usia tujuh bulan, saraf si kecil sudah berkembang secara matang. Paru-parunya pun sudah sempurna sehingga dia dapat melakukan gerakan pernapasan berirama. Pada fase ini, siklus tidur dan bangunnya sudah lebih jelas. Dia pun sudah bisa bermimpi ketika sedang tidur.

4. Struktur tulang si kecil menguat

Pada trimester terakhir, tulang rawan si kecil akan berkembang menjadi tulang keras. Strukturnya pun menjadi semakin kuat. Pada saat ini, Bunda perlu memastikan asupan kalsium terpenuhi untuk mengoptimalkan perkembangan tulang si kecil.

Comments