Hal Apa Saja Yang Terjadi Ketika Janin Berusia 16 Minggu?

Janin 16 minggu

Mencari orang tua dan memiliki anak adalah salah satu tujuan ketika setiap pasangan melangsungkan pernikahan. Akan tetapi tidak semua pasangan yang telah menikah mampu mendapatkan kehamilan seperti yang tidak menyenangkan dalam waktu yang cukup cepat. 

Beberapa pasangan mengalami penundaan kehamilan dikarenakan beberapa macam faktor ketik bagi setiap pasangan yang telah diberikan anugerah berupa kehamilan senantiasa harus menjaganya dengan baik sehingga sang buah hati bisa melalui persalinan dengan sehat dan aman. Setiap fase pertumbuhan janin harus diperhatikan dengan sangat baik salah satu contohnya ketika janin 16 Minggu berada di dalam rahim sang ibu.

Janin 16 minggu

Janin 16 Minggu biasanya mengalami beberapa macam perkembangan yang cukup pesat. Pada usia tersebut janin didalam rahim akan membentuk ekspresi wajah hingga beberapa sistem sarafnya akan mulai tumbuh. Pada usia 16 Minggu bobot janin kira-kira akan mencapai kurang lebih dua setengah ons dan ibu hamil juga sudah mulai merasakan pergerakan janin di dalam rahim nya. 

Pada usia tersebut janin juga telah tumbuh cukup signifikan yaitu sekitar 12 cm mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Apabila Ibu memeriksakan pemeriksaan janin melalui USG maka Ibu bisa melihat bagaimana ekspresi wajah si kecil yang telah ditumbuhi oleh bulu mata dan alis. Otot-otot yang ada di sekitar wajah punggungnya akan terlihat jelas terlebih lagi apabila Ibu menggunakan USG dengan jenis 4D.

Janin 16 Minggu juga Sudah bisa Memberikan respon kepada sang Bunda berupa tendangan-tendangan kecil yang sudah mulai dirasakan. Tendangan pertama dari sang janin biasanya tidak terlalu kuat beberapa Ibu bahkan menyangka bahwa pergerakan tersebut berasal dari gangguan pencernaan. Pada saat usia 16 Minggu seorang ibu hamil juga akan merasakan peningkatan aliran darah di kulit sehingga produksi minyak yang cukup tinggi di sekitar permukaan kulit wajah. 

Hal tersebut menjadi salah satu hal yang biasa terjadi pada usia hamil karena terjadinya perubahan hormon di dalam tubuh ibu hamil tersebut. Mengingat pentingnya kondisi janin ketika usia 16 Minggu maka semua ibu hamil perlu menjaga kondisi kehamilannya dengan cara memeriksakan secara rutin ke bidan maupun dokter ahli kandungan.

Comments