Gejala Kehamilan Usia 16 Minggu yang Harus diketahui

Janin 16 minggu

Menjadi seorang ibu hamil merupakan salah satu hal yang didambakan oleh semua wanita. Bagi para ibu yang telah memasuki masa kehamilan harus senantiasa mampu menjaga kondisi kesehatannya agar bayi yang ada di dalam kandungan tetap dalam kondisi yang baik. Setiap fase kehamilan harus dilalui dan diketahui dengan sangat baik oleh semua ibu agar pertumbuhan dan perkembangan janin juga bisa terkontrol salah satu contohnya ketika usia janin 16 Minggu semua ibu perlu mengetahui gejala apa saja yang akan dialami dan terjadi pada bayi mereka.

Wajah sang buah hati bisa terlihat ketika usia janin 16 Minggu. Pada usia tersebut bulu mata dan alis telah terbentuk sehingga Bayi kita sudah bisa memberikan ekspresi ketika diperiksa melalui alat USG. Ketika usia janin menginjak 16 Minggu ada beberapa macam perubahan yang terjadi di dalam tubuh janin tersebut. Otot-otot yang ada di dalam tubuh khususnya di area punggung dan wajah akan mulai terbentuk dan terlihat melalui USG. 

Janin 16 minggu

Pada usia tersebut janin juga bisa memberikan ekspresi berupa benda maupun juling. Pendengaran sang janin juga mulai berkembang dengan sangat baik ditandai dengan tumbuhnya tulang kecil di sekitar telinga. Beberapa gejala kehamilan yang mungkin akan dirasakan ketika usia janin 16 Minggu di antaranya adalah Ibu bisa merasakan gerakan kecil yang tidak terlalu sering dan masih terasa sangat lembut. 

Paru-paru Ibu juga akan mulai tertekan seiring dengan perkembangan janin yang semakin besar sehingga apabila Ibu Mulai mengalami kesulitan bernapas tidak boleh merasa khawatir. Pada usia tersebut Aura kehamilan seorang ibu juga akan terpancar lebih maksimal ditandai dengan rambut yang lebih berkilau dan kuku yang tumbuh dengan cepat. 

Pada saat usia janin menginjak 16 Minggu semua ibu perlu memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Jangan selalu menuruti makanan ngidam yang tidak sehat sebaliknya perlu ditingkatkan konjungsi makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi. Konsultasikan kepada bidan maupun dokter ahli kandungan apabila mengalami beberapa gejala yang tidak nyaman selama proses kehamilan.

Comments