6 Langkah Cuci Tangan yang Tepat Sesuai Pedoman WHO

6 Langkah Cuci Tangan yang Tepat Sesuai Pedoman WHO

6 langkah cuci tangan

Musim penyakit membuat anak-anak lebih rentan terinfeksi bakteri dan virus. Keadaan tersebut diperparah dengan kurangnya kesadaran dalam hal kebersihan diri. Cara paling efektif untuk menjaga kesehatan dari berbagai penyakit, termasuk virus Corona yang saat ini merebak yaitu dengan mencuci tangan. Melakukannya harus dengan benar. Saat ini sudah banyak wawasan yang membahas bagaimana cara cuci tangan sesuai WHO untuk anak. Berikut 6 langkah cuci tangan yang bisa Anda ajarkan pada anak sejak dini.  

  1. Basahi Telapak Tangan

Telapak tangan termasuk bagian yang banyak mengandung bakteri, kuman, juga virus. Oleh karenanya, penting untuk membersihkan bagian telapak dengan benar. Basahi telapak tangan, gunakan sabun, dan saling gosokkan telapak tangan di air mengalir.

2.   Punggung Tangan

Setelah membasuh telapak, langkah kedua cara mencuci tangan sesuai WHO untuk anak yaitu dengan menggosok punggung tangan. Gunakan telapak tangan kanan untuk menggosok punggung tangan kiri begitu juga sebaliknya. Ulangi beberapa kali di bawah air mengalir.

3.   Sela Jari

Menggosok sela jari termasuk salah satu dari 6 langkah cuci tangan yang kerap dilewatkan. Padahal, bisa saja kuman, bakteri, dan virus berdiam di bagian tersebut. Anda bisa mengajarkan anak untuk gosok sela-sela jari dengan menyilangkan tangan kanan dan kirinya. Lalu, lakukan hal yang sama sebaliknya.

4.   Bagian Dalam Jari

Setelah membersihkan sela jari, perhatikan juga bagian dalam jari-jari anak. Cara melakukannya dengan memposisikan jari saling mengunci. Gosokkan ujung jari di telapak secara bergantian. Pastikan anak melakukannya dengan perlahan.

5.       Ibu Jari

Cara mencuci tangan sesuai WHO untuk anak terutama bagian ibu jari tidak boleh dilewatkan. Cuci ibu jari kanan dan kiri dengan gerakan memutar. Hal ini penting dilakukan karena ibu jari termasuk bagian yang paling mudah menyentuh sesuatu dan cukup aktif beraktivitas.

6.       Gosokkan Kuku

Tak lupa, 6 langkah cuci tangan yang harus Anda ajarkan pada anak yakni dengan menggosok bagian ujung kuku. Bentuk tangan dengan gerakan menguncup, gosokkan ujung kuku kanan dan kiri pada telapak tangan. Lalu, bilas di air mengalir.

Banyak manfaat yang bisa didapat jika mengajarkan si kecil 6 langkah mencuci tangan dengan benar. Yuk, mulai sekarang terapkan cara cuci tangan sesuai who untuk anak!


Posting Komentar

0 Komentar