Tips Memenuhi Kebutuhan Gizi untuk Anak 1 Tahun

kebutuhan gizi untuk anak 1 tahun

Nutrisi dan gizi yang didapatkan si Kecil menjadi salah satu faktor penting dalam tumbuh kembangnya, apalagi di usia 1 tahun. Oleh sebab itu, Bunda harus mampu memenuhi kebutuhan gizi untuk anak 1 tahun dengan cara yang benar. Namun anak yang baru mulai belajar makan terkadang masih sangat pemilih dalam hal makanan sehingga gizi yang didapatkan tidak terpenuhi. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Bunda ikuti:

Ajak Si Kecil Makan Bersama

Anak merupakan peniru terbaik yang mampu menirukan apapun dengan cepat. Bunda harus menjadi contoh bagi mereka di masa tumbuh kembangnya. Biasakan makan bersama dengan anak agar pola makan mereka lebih teratur.

Biasakan Si Kecil Makan Menu Sehat

kebutuhan gizi untuk anak 1 tahun

Sama seperti pola makan sehat, menu sehat juga sangat penting bagi si Kecil. Tidak sedikit anak usia 1 tahun yang menghindari mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Biasakan si Kecil untuk makan menu sehat tersebut sejak dini. Bunda juga perlu menjadi contoh agar si Kecil mau memakannya.

Berikan Camilan Sehat

Tips memenuhi kebutuhan gizi untuk anak usia 1 tahun selanjutnya adalah memberikan camilan sehat. Beberapa camilan sehat di sela jam makan yang bisa Bunda berikan yaitu yogurt, buah apel, roti isi tuna, dan lain sebagainya.

Berikan dalam Porsi Kecil

Memberikan makanan dalam porsi kecil merupakan cara memenuhi kebutuhan gizi anak yang cukup efektif. Apalagi terkadang anak usia 1 tahun memiliki nafsu makan yang belum baik. Jadi kebanyakan makanan yang dihidangkan biasanya tidak akan habis. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Bunda memberikan makanan dalam porsi kecil saja. Yang terpenting gizi yang didapatkan terpenuhi.

Itulah tips memenuhi kebutuhan gizi untuk anak usia 1 tahun. Selain tips di atas, Anda juga perlu tahu rekomendasi makanan apa saja yang bagus untuk anak 1 tahun. Jadi gizi yang didapatkan tidak hanya lengkap namun juga seimbang sesuai usianya. Jika ingin berkonsultasi dan bertanya seputar gizi anak, Bunda bisa menghubungi Bidan Sela. Informasi kontak bisa Anda dapatkan di website bidansela.com.

Comments