Inilah Tahapan Perkembangan Bayi 2 Bulan Menuju 3 Bulan

Perkembangan bayi 2 bulan menuju 3 bulan

Mom, apakah Anda tahu ciri-ciri tahapan perkembangan bayi 2 bulan menuju 3 bulan? Tahapan-tahapan tersebut, wajib diketahui, lho. Nah, bagi yang belum, di sini akan dijelaskan tahapan-tahapannya. Catat baik-baik, ya. Karena, hal ini terbilang penting sekali bagi setiap ibu atau orangtua.

Tanpa berlama-lama, yuk langsung intip apa saja tahapan-tahapannya tersebut:

Perkembangan Secara Fisik Bayi Usia 2 Bulan

Perkembangan si kecil yang pertama bisa kita lihat dari fisiknya. Bayi berusia 2 bulan, masih mungil dan rapuh. Namun, tubuhnya sudah berisi dan montok, terutama pada bagian pipi, paha, dan lengan atas.

Perkembangan bayi 2 bulan menuju 3 bulan


Ciri fisik mereka umumnya akan membuat siapa saja gemas ketika melihatnya. Bahkan, tidak sedikit yang ingin mencubitnya.

Selain itu, rata-rata perkembangan bayi bisa juga dilihat dari beberapa aspek berikut:

Panjang badan sekitar 2,5  hingga 5 cm

Lingkar kepalanya sekitar 4 cm

Berat badan yang naik sekitar 2 hingga 4 kilogram

Perkembangan Motorik Bayi Usia 2 Bulan

Mom juga harus tahu, bahwa perkembangan mereka juga meliputi motoriknya. Bayi berusia 2 bulan, biasanya sudah bisa melakukan beberapa hal berikut:

1. Memiringkan Tubuh

Si kecil yang berusia 2 bulan tidak hanya bisa berdiam diri di atas kasur saja. Mereka juga sudah bisa menunjukkan kemampuan memiringkan badannya ke arah kiri dan kanan. Pada fase ini, mom tidak boleh meninggalkannya sendirian.

2. Banyak Bergerak

Si kecil juga sudah mulai sering bergerak di usianya yang memasuki 2 bulan. Hal ini dikarenakan, tubuhnya semakin kuat. Bahkan, mereka sudah bisa mengangkat kepala lebih tinggi, hingga menoleh. Selain itu, mereka juga sudah bisa berusaha untuk menggapai wajah ibunya saat menyusu.

Nah, sebagai tips, mom sebaiknya sering menstimulasi mereka agar perkembangannya berlangsung pesat. Salah satunya dengan menyentuhkan benda-benda bertekstur berbeda-beda. Misalnya seperti tisu, pakaian, hingga mainan.

Usia 2 bulan juga si kecil sudah mengalami perkembangan kognitif. Mereka akan banyak tersenyum, dan mengobrol.

Demikian ulasan seputar perkembangan bayi 2 bulan menuju 3 bulan yang wajib diketahui oleh setiap orangtua. Kenali setiap perkembangannya, dan selalu berikan mereka yang terbaik.

Comments